Sebanyak 73.825 orang menggunakan kereta api jarak jauh (KAJJ) pada akhir pekan libur panjang Hari Raya Idul Adha, pada 14-18 Juni 2024 di seluruh stasiun KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif di Surabaya, Jumat mengatakan mayoritas pelanggan yang berangkat dari wilayahnya didominasi dengan tujuan Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Jember, dan Banyuwangi.

"Sementara pelanggan yang turun di stasiun wilayah Daop 8 Surabaya pada Jumat, 14 Juni 2024, tercatat sebanyak 18.436 pelanggan," ucapnya.

Ia menjelaskan lima KAJJ paling favorit keberangkatan dari Daop 8 Surabaya adalah KA Airlangga relasi Stasiun Surabaya Pasarturi - Stasiun Pasarsenen, KA Argo Bromo Anggrek relasi Stasiun Surabaya Pasarturi - Stasiun Gambir, KA Argo Wilis relasi Stasiun Surabaya Gubeng - Stasiun Bandung, KA Sancaka relasi Stasiun Surabaya Gubeng - Stasiun Yogyakarta dan KA Tawangalun relasi Stasiun Malang Kotalama - Stasiun Ketapang.

"Bagi masyarakat yang akan berpergian menggunakan transportasi KA, namun tanggal keberangkatan yang diinginkan telah habis, dapat memanfaatkan fitur connecting train yang tersedia pada aplikasi Access by KAI. Fitur ini akan mengombinasikan jadwal kereta api yang bersifat persambungan," ujarnya.

Sementara untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan menjelang Hari Raya Idul Adha 2024, pihaknya mengoperasikan KAJJ tambahan, yakni KA Mutiara Timur relasi Stasiun Surabaya Pasarturi-Ketapang mulai 16-19 Juni 2024.

Luqman menjelaskan, setiap harinya KA Mutiara Timur memiliki kapasitas 460 tempat duduk yang terdiri dari lima kereta ekonomi New Generation, dua kereta eksekutif dan satu kereta makan.

"Hal ini merupakan bentuk komitmen KAI dalam menyediakan pelayanan bagi para pelanggan yang akan menikmati libur panjang dan Hari Raya Idul Adha, dengan mengoperasikan KA tambahan," ucapnya.

Dalam pengoperasian nya, kata dia, KA Mutiara Timur berangkat dari Stasiun Surabaya Pasarturi pukul 08.55 WIB, dari Stasiun Surabaya Gubeng pukul 09.15 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 15.45 WIB.

"Harga tiket KA Mutiara Timur untuk kelas Eksekutif mulai dari Rp280.000 dan kelas Ekonomi mulai dari Rp200.000," katanya.

Pembelian tiket, kata dia, masyarakat dapat mengakses aplikasi Access by KAI, web kai.id dan seluruh channel penjualan daring resmi lainnya.

"Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api," tuturnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024