Bupati Situbondo Karna Suswandi menekankan kepada Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat yang baru dilantik mampu meningkatkan pendapatan asli daerah atau PAD melalui sektor pariwisata berkolaborasi dengan berbagai pihak.

"Sektor pariwisata ditekankan untuk mampu menaikkan pendapatan asli daerah atau PAD karena kemandirian fiskal sangat penting bagi pemerintah daerah," kata Bung Karna, sapaan akrabnya usai pelantikan pejabat eselon II dan eselon IV di Pendopo Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Senin.

Menurut Bupati, bantuan dari pemerintah pusat ke daerah dari tahun ke tahun semakin sedikit, oleh karena itu kemandirian fiskal perlu ditingkatkan lagi dengan meningkatkan pendapatan asli daerah salah satunya di sektor pariwisata.

"Ingat, bekerjalah dengan baik dan bekerja dengan penuh amanah agar berkah," pesan Bung Karna kepada para pejabat yang baru dilantik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Situbondo Puguh Wardoyo menyatakan setelah dilantik dirinya akan mulai bekerja menguatkan sinergi pentahelix untuk menaikkan PAD melalui sektor pariwisata, khususnya di Wisata Bahari Pasir Putih.

"Kami akan menyusun kalender wisata terintegrasi dengan mengedepankan sinergi pentahelix. Kami akan sinergi dengan akademisi, para pelaku usaha, investor, termasuk media," ujarnya.

Puguh mengakui memang hal tidak mudah, oleh karena itu, pihaknya segera melakukan koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak terkait yang dapat mendukung kegiatan pariwisata dan memperkuat sinergi pentahelix.

"Kami agendakan menggelar event yang lebih besar dan menarik yang secara otomatis akan memberikan dampak positif bagi peningkatan PAD," kata mantan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo itu.

Selain Puguh Wardoyo dilantik sebagai Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Situbondo, juga ada 11 pejabat eselon IV yang juga dilantik bersamaan terdiri dari kepala seksi dan kepala sub bagian.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024