Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, meluncurkan "Sujali" yang merupakan akronim dari Sukseskan Lumajang Memilih untuk meningkatkan partisipasi pemilih pilkada di kabupaten setempat.

"Peluncuran maskot Sujali bertujuan sebagai media untuk menyebarluaskan informasi, serta menggaungkan bahwa tahapan Pilkada Kabupaten Lumajang sudah dimulai," kata Ketua KPU Lumajang Yuyun Baharita dalam keterangan tertulis yang diterima di kabupaten setempat, Senin.

Menurutnya maskot berupa seekor kambing etawa dipilih, karena hewan tersebut merupakan fauna khas Lumajang yang memiliki karakteristik unik.

"Sujali merupakan singkatan dari 'Sukseskan Lumajang Memilih', sesuai dengan tagline KPU Kabupaten Lumajang yakni 'Sukseskan Lumajang Memilih Untuk Masa Depan Gemilang'," tuturnya.

Ia mengatakan maskot tersebut didesain oleh Bagus Darmadi dari Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono yang memenangkan lomba desain maskot dan yang bersangkutan telah menerima penghargaan langsung dari KPU Kabupaten Lumajang.

Baca juga: Partisipasi pemilih Pemilu 2024 di Lumajang mencapai 83,5 persen

"Sujali digambarkan sebagai kambing etawa yang mengenakan beskap merah maron, jarik hitam, dan blangkon khas Lumajangan, mencerminkan budaya lokal yang kuat," ujarnya.

Selain peluncuran maskot, KPU Lumajang juga merilis jingle Pilkada berjudul "Berpesta Untuk Lumajang". Jingle itu menggunakan musik Danglung yang memadukan instrumen Jawa dan Madura dengan alat musik modern, menggambarkan keunikan musik khas Kabupaten Lumajang.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Lumajang Paiman berharap kehadiran maskot Sujali akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi.

"Saya harap kehadiran Sujali bukan hanya sebagai simbol, tetapi juga sebagai pengingat akan pentingnya peran aktif masyarakat dalam proses demokrasi dalam Pilkada Kabupaten Lumajang," katanya.

Peluncuran Sujali dan jingle Pilkada Lumajang tersebut juga diharapkan dapat memeriahkan serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya Pilkada 2024, serta memastikan bahwa proses demokrasi berjalan lancar dan sukses demi masa depan gemilang Kabupaten Lumajang.

Sebelumnya partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024 di Kabupaten Lumajang mencapai 83,5 persen berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara yang sudah dilaksanakan oleh KPU setempat.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024