Sebanyak 150 anggota baru dari Satbrimob Polda Jatim mengikuti latihan guna memperkuat kemampuan pertolongan search and rescue (SAR) di perairan di kawasan Tlocor, Sidoarjo.
 
Kepala Satuan Polairud Polresta Sidoarjo Kompol Ludwi Yarsa Pramono di Sidoarjo, Kamis, mengatakan para anggota baru ini dilatih untuk meningkatkan kemampuan saat melakukan pertolongan di perairan.
 
"Sebelum melaksanakan hal-hal teknis di dalam perairan mereka mendapatkan arahan dari para instruktur," ujarnya.
 
Ia mengatakan, untuk mendukung kelancaran latihan Polresta Sidoarjo menurunkan beberapa personel Satpolairud yang biasa berjaga di wilayah pesisir Sidoarjo.
 
"Latihan dan praktik SAR anggota Satbrimob Polda Jatim berjalan lancar. Melalui pelatihan SAR Perairan ini diharapkan anggota baru Satbrimob Polda Jatim, mendapatkan teknik maupun cara bagaimana penanganan darurat di wilayah perairan," katanya.
 
Kasubbag Binlat Ops Satbrimob Polda Jatim AKP I Ketut Sukasta menjelaskan, pelatihan SAR Perairan bagi anggota baru ini didukung dengan peralatan berupa perahu karet dan mesin perahu tempel. Kemudian diajarkan kepada peserta mengenai teori dasar dalam penyelamatan korban tenggelam di perairan.
 
"Harapannya saat seketika dibutuhkan penanganan darurat di wilayah perairan mereka memiliki skil dan siap diturunkan," kata dia.
 
Ia mengatakan, pelatihan pertolongan di wilayah perairan tersebut perlu dilakukan karena sebagai anggota Polisi harus siap dan memiliki kemampuan yang mumpuni.
 
"Dengan pelatihan ini, para anggota tersebut memiliki kemampuan dan siap untuk diturunkan di lapangan," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024