Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Madiun meminta 27 anggota pengawas pemilu (panwaslu) kelurahan yang baru dilantik untuk menjadi "wasit" Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 dan bekerja dengan baik.

"Selamat menjalankan tugas dan kewajiban sebagai wasit yang baik, bertanggung jawab, menerapkan kode etik penyelenggara, menjaga integritas, netralitas, profesionalitas, dan berkepastian hukum," ujar Ketua Bawaslu Kota Madiun Wahyu Sesar saat pelantikan panwaslu kelurahan di Madiun, Minggu.

Setelah melantik dan mengambil sumpah sebanyak 27 orang panwaslu kelurahan untuk Pilkada Daerah Serentak 2024, dia menjelaskan mereka akan bertugas di 27 kelurahan yang ada di Kota Madiun. Masing-masing kelurahan terdapat satu anggota panwaslu kelurahan.

Wahyu menyatakan bahwa panwaslu kelurahan harus segera bertugas di lapangan. Ketika ada dugaan pelanggaran, segera disampaikan ke panwaslu kecamatan untuk segera ditindaklanjuti.

Ia juga meminta panwaslu kelurahan untuk menjaga ketertiban dan kerukunan sesama penyelenggara pilkada, partai politik, maupun tiga pilar agar Pilkada 2024 berjalan dengan baik tanpa adanya pelanggaran.

Pj Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto yang hadir dalam pelantikan tersebut menyampaikan selamat kepada panwaslu kelurahan yang telah dilantik. Mereka akan mengemban tugas penting dalam pesta demokrasi di Kota Madiun nanti.

Karenanya, Pj wali kota berpesan agar mereka yang dilantik untuk senantiasa mengedepankan integritas, profesional, dan kesungguhan dalam bertugas.

"Mereka ini adalah salah satu ujung tombak dalam mengawali proses demokrasi, khususnya dalam pengawasan. Karenanya, harus profesional, integritas, dan sungguh-sungguh," kata Pj Wali Kota Eddy.

Ia juga berpesan untuk senantiasa menjaga kesehatan. Hal itu penting agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.

"Tentu dalam melaksanakan tugas ini tidak bisa sendiri. Pengawasan pilkada butuh bersinergi dengan pihak lain. Karenanya juga harus aktif dan jaga kesehatan," imbuhnya.

Selain itu, Pj Wali Kota juga berpesan untuk mengedepankan langkah-langkah antisipasi. Harapannya, permasalahan bisa ditekan dan tidak sampai meluas. Pj wali kota berharap kondusifitas di Kota Madiun selalu terjaga.

Hadir dalam pelantikan tersebut Pj Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto, pihak KPU Kota Madiun, OPD terkait, dan undangan lainnya.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024