Aliansi Relawan Prabowo Gibran (ARPG) mengusulkan 14 nama-nama menteri dan wakil menteri (Wamen) untuk kabinet di pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendatang.

Sekretaris Jenderal ARPG Andi Ulfa Umar dalam keterangan pers yang diterima di Surabaya, Rabu, mengatakan nama-nama yang diusulkan merupakan tokoh relawan dan tokoh politik yang sudah berjuang untuk kemenangan di Pemilihan Presiden 2024.

"Sebanyak 14 nama usulan menteri dan wamen ini memiliki kemampuan sesuai kapasitas dan kapabilitas masing-masing," ujarnya.

Menurut Ulfa Bone, sapaan akrabnya, seluruh nama yang diusulkan ARPG sudah melalui seleksi dan pemikiran mendalam.

Satu nama yang diusulkan sebagai calon menteri yakni Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo Gibran sekaligus mantan Anggota DPR RI Fraksi PDIP dan mantan Ketua Umum Partai Rakyat Demokratik (PRD) Budiman Sudjatmiko sebagai Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT).

Berikutnya, mantan Anggota DPR RI FPDIP Maruarar Sirait diusulkan sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Budi Arie Setiadi selau Ketua Umum Projo dan Menkominfo petahana diusulkan tetap sebagai Menkominfo.

Selanjutnya Silfester Matutina Ketua Umum Solidaritas Merah Putih (Solmet) sekaligus Wakil Ketua TKN diusulkan sebagai Kepala Staf Presiden (KSP) atau Menteri Sekretariat Negara.

Kemudian, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menteri Pariwisata, Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif.

Berikutnya untuk kalangan perempuan ada nama artis, presenter yang berprofesi sebagai dokter, yaitu dr. Lula Kamal diusulkan jadi Menteri Peranan Wanita atau Menteri Kesehatan. 

Terakhir ada nama Rahayu Sarasvati yang merupakan tokoh muda Gerindra diusulkan sebagai Menteri Pertanian atau Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sedangkan, untuk usulan tujuh nama wakil menteri dari Aliansi Relawan Prabowo Gibran (ARPG) ada nama Haris Rusly Moti diusulkan Wakil Menteri Pertahanan atau Wakil Menteri Tenaga Kerja. Lalu nama Utje Gustaaf Patty yang merupakan Ketua Umum Bara JP diusulkan jadi Wakil Menteri BUMN.

Nama Grace Natalie yang saat ini menjabat Staf Khusus Presiden Jokowi diusulkan Wakil Menteri Komunikasi dan Informasi. Ada nama Syafrudin Budiman selaku Ketua Umum Barisan Pembaharuan, Kornas ARPG sekaligus Ketua Umum DPP Perhimpunan UKM Indonesia diusulkan Wakil Menteri Tenaga Kerja atau Wakil Menteri UKM dan Koperasi.

Selanjutnya ada nama Ketua Umum Relawan Go Gibran sekaligus Ketua Umum DPP GKJI SOKSI H.A. Bashar diusulkan Wakil Menteri Perindustrian atau Wakil Menteri Hukum dan HAM.

Lalu, Ketua Umum DPP KNPI sekaligus Ketua Umum Pandawa Lima Riyano Panjaitan diusulkan Wakil Menteri ESDM atau Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga.

Satu lagi nama Lisman Hasibuan yang merupakan Wakil Komandan TKN Golf sekaligus Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu (RIB) diusulkan sebagai Wakil BIN atau Wakil Menteri Sekretariat Negara.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024