Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya melakukan sosialisasi penerapan Governansi YPTA (Good YPTA Governance) kepada seluruh pejabat satuan pendidikan di bawah yayasan tersebut di kampus Untag Surabaya, 28-29 Mei 2024.

"YPTA Surabaya memiliki nilai secara institusi dan memiliki budaya organisasi yang kita sebut PERTIWI (Patriotisme, Etika Profesi, Ramah Lingkungan, Toleransi dan Transparansi, Integritas, Wawasan Global, Inovatif). Kita tinggal di bumi pertiwi, maka kita harus mengagungkan pertiwi," kata Ketua YPTA Surabaya, J. Subekti dalam keterangan di Surabaya, Rabu.

Nilai dan budaya YPTA Surabaya akan konsisten diterapkan pada semua unit kerja guna mendukung penerapan Good-YPTA-Governance, tujuannya adalah menciptakan lingkungan tridharma yang harmonis dan berkelanjutan.

"Tekad kami adalah menjadikan lembaga ini sebagai institusi dihormati, bermartabat, dan unggul. Semoga dengan ini, kami semua bersatu dalam pandangan yang sama dan kebersamaan dalam mewujudkan tata kelola efektif dan membawa kemajuan bagi lembaga ini," ujarnya.

Bendahara YPTA Surabaya, Dr. Ontot Murwato Suwondo mengatakan dalam mencapai keunggulan, tata kelola yang baik menjadi kunci. 

"Kami juga sepakat bahwa saat ini kita berada dalam suatu era yang ditandai dengan VUCA, yaitu volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity," ujarnya.

Hal tersebut dapat berdampak pada persaingan bisnis yang ketat, perubahan lingkungan yang sangat kompleks, serta masa depan yang penuh dengan ketidakpastian.

Good-YPTA-Governance merujuk pada Pedoman Umum Governansi Korporat Indonesia (PUG-KI) 2021. 

Pilar Good Corporate Governance diterapkan dan didasarkan pada semangat nasionalisme dan patriotisme sebagai ciri khas YPTA Surabaya, sehingga terwujudlah GoodYPTA-Governance (GYG) yang mencakup perilaku etis, transparansi, akuntabilitas, dan keberlanjutan.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024