Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menempa skuad Garuda dengan latihan fisik pada latihan perdana di Lapangan Sepak Bola B Gelora Bung Karno GBK, Jakarta, pada Selasa.

Latihan ini menjadi bagian persiapan Indonesia menjelang dua laga penutup putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni di Stadion Utama GBK, Jakarta.

Dimulai pukul 16.00 WIB, skuad Garuda berlatih dengan beberapa pola latihan fisik, termasuk memutari setengah lapangan dalam beberapa menit.

Pada pola latihan ini, dua penggawa Indonesia Yance Sayuri dan Nathan Tjoe-A-On sampai tak bisa melanjutkan latihan karena cedera.

Yance terjatuh di tengah-tengah latihan, dengan paha kirinya yang diperban. Nathan Tjoe-A-On juga terlihat mengikuti latihan terpisah dengan hanya joging ringan.

Gelandang timnas Indonesia yang baru menyelesaikan kontraknya bersama SC Heerenveen Thom Haye mengatakan latihan perdana yang langsung berfokus pada fisik ini menurutnya “sedikit sulit”.

Namun, ia mengatakan pola latihan pembuka seperti ini bagus untuk mempersiapkan tim melawan Irak dan Filipina, sebab Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan untuk melaju ke putaran ketiga.

“Sedikit sulit tapi bagus untuk mempersiapkan fisik. Menurut saya penting untuk memulainya seperti ini untuk beradaptasi dengan semua keadaan,” kata Thom saat ditemui seusai latihan.

Untuk Shayne Pattynama, pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu mengatakan bahwa latihan perdana ini merupakan “sesi latihan yang bagus”.

Bek 25 tahun itu juga mengaku senang dapat kembali membela Garuda setelah sebelumnya ia absen pada dua laga terakhir ketika melawan Vietnam pada Maret lalu.

“Senang bisa kembali dan melihat semua orang di sini. Sesi latihan yang bagus dan bisa ketemu yang lain,” kata Shayne.

Sementara itu, Marselino Ferdinan juga berpendapat sama dengan dua rekannya yakni memahami pola latihan fisik berat yang diberikan Shin Tae-yong.

“Latihan hari ini ya namanya awal, hari pertama pastinya recovery. Recovery-nya sambil fisik juga itu untuk memulihkan anak-anak yang habis finish season, off season,” kata Marselino.

Gelandang kreatif 19 tahun itu dalam kesempatan yang sama juga mengatakan harapannya pada laga uji coba melawan Tanzania di Stadion Madya GBK, Jakarta, Minggu (2/6) yang merupakan bagian persiapan sebelum melawan Irak dan Filipina.

Ia mengatakan laga itu pastinya akan dimanfaatkan pelatihnya untuk “mencoba” strategi baru sebelum dua laga penting di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024