Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lumajang Lutfiati mengingatkan 63 orang panitia pengawas pemilu (Panwaslu) kecamatan pemilihan kepala daerah (pilkada) agar menjaga integritas setelah resmi dilantik dan diambil sumpahnya di Pendapa Arya Wiraraja Lumajang, Jumat.

"Sebanyak 63 anggota Panwaslu kecamatan setelah dilantik langsung ditugaskan untuk mengawasi pelaksanaan Pilkada Lumajang di masing-masing kecamatan," katanya di kabupaten setempat.

Menurutnya, anggota panwaslu kecamatan memiliki beban dan tanggung jawab terhadap suksesnya pelaksanaan Pilkada 2024, sehingga pihaknya berpesan agar seluruh anggota Panwaslu kecamatan dapat memegang teguh integritas dan komitmen dalam melaksanakan tugas.

"Saya berharap integritas, komitmen, dan siap bekerja tetap dipegang teguh oleh semua anggota Panwaslu kecamatan yang baru saja dilantik," tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, Panwaslu kecamatan juga diminta untuk segera menjalin sinergi dengan jajaran Forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopimca), sehingga pelaksanaan Pilkada 2024 bisa berjalan dengan lancar.

"Segera lakukan koordinasi dan pemetaan dengan jajaran Forkopimca, lakukan tugas dengan bertanggungjawab karena suksesnya Pilkada 2024 dan jalannya demokrasi ada di tangan kita semua," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lumajang Agus Setiawan mengatakan bahwa saat ini sedang menuju "Pilkada Damai Kabupaten Lumajang Tahun 2024" yang akan diselenggarakan pada 27 November 2024.

Ia berharap agar seluruh pemangku kepentingan bisa saling bekerjasama dengan baik karena pihaknya yakin bahwa momentum itu merupakan bagian dari upaya bersama untuk semakin memperkokoh komitmen agar dalam pelaksanaan Pilkada 2024 di Kabupaten Lumajang berjalan dengan baik.

"Nantinya diharapkan dapat terlaksana dengan baik tanpa pelanggaran, sehingga Pilkada aman, kondusif, sejuk dan damai dapat tercipta, serta tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024