Mitsubishi Material Corporation selaku induk perusahaan PT Smelting mendukung konservasi satwa dilindungi kerja sama PT Smelting dengan Taman Safari Indonesia berupa pengembangbiakan banteng Jawa dan sapi Bali.

Chairman Mitsubishi Material Corporation, Akira Takeuchi, meninjau perkembangan konservasi tiga satwa terancam punah di Taman Safari Prigen.

Saat ini program inseminasi persilangan dari satwa konservasi banteng jawa dan sapi bali, sebanyak delapan ekor sapi telah berhasil di inseminasi dan hamil.

Sapi pertama anakan persilangan sapi bali dan banteng Jawa itu kemudian diberi nama Sakura oleh Akira Takeuchi yang diabadikan dalam prasasti.

"Bulan Mei ini akan ada empat anakan, lalu dua lagi di Juni, dan dua anakan lagi di bulan Juli," kata Senior Manager General Affairs PT Smelting, Saptohadi Prayetno di dampingi Manager General Affairs Indra SW Junior di Taman Safari Prigen, Rabu.

Direktur PT TSI Group Jansen Manangsang menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja sama dan kolaborasi yang dilakukan antara TSI dan PT Smelting.

Dia mendukung upaya PT Smelting yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan khususnya konservasi hayati dalam penyelamatan dan pengembangbiakan satwa langka dan dilindungi di Indonesia. 

Kerja sama yang sudah dilakukan selama ini menunjukkan hasil yang positif ditandai dengan keberhasilan pembiakan elang Jawa di Taman Safari Bogor. Elang Jawa hasil pembiakan berhasil dilepasliarkan di kawasan Gunung Gde Pangrango, Jawa Barat. 

"Kegiatan serupa juga dilakukan pada satwa endemik Pulau Komodo yakni Komodo. Dalam pembiakan yang kami lakukan bersama PT Smelting sudah ada enam Komodo yang dilepasliarkan di habitat aslinya di Wae Wul, NTT," ujar Jansen Manangsang. 

Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis PT Smelting Irjuniawan P Radjamin menjelaskan kegiatan kerja sama yang sudah dilakukan bersama TSI Group merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan.

Selain pembiakan satwa liar yakni elang Jawa dan komodo, pihaknya juga sedang melakukan persilangan antara banteng Jawa dengan sapi bali.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024