Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) Khofifah Indar Parawansa mengukuhkan jajaran Pengurus Wilayah IKA Unair Kepulauan Riau (Kepri).

"Saya harap jajaran pengurus dapat memberikan kontribusi kepada almamater, bangsa dan juga negara," katanya dalam siaran pers diterima di Surabaya, Jumat.

Khofifah juga mendorong IKA Unair Kepri untuk berinovasi, serta menggagas program strategis untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di wilayah provinsi setempat.

Berdasarkan Global Competitiveness Index, kata dia, Indonesia menempati rangking 34, atau jauh di bawah Singapura yang rangking 4 dan Malaysia di peringkat 27.

Begitu pula dengan Global Inovation Index, saat ini Indonesia menempati rangking 61, sedangkan Malaysia rangking 34 dan Singapura peringkat 5 dari 132 negara.

Sedangkan, berdasarkan Global Talent Competitiveness Index yang dirilis INSEAD, Indonesia menempati rangking 80. Singapura menduduki urutan kedua dan Malaysia peringkat 42. 

“Kepri ini kan sangat dekat dengan Singapura maupun Malaysia. Agaknya PW IKA Unair Kepri bisa menginisiasi membangun internship atau shortcourse di dua negara tersebut demi mendorong  daya saing kita. Karena pengembangan daya saing, inovasi dan kapasitas merupakan keniscayaan yang harus dihadapi,” tutur Khofifah.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024