Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menyatakan target kinerja tahun 2023 telah tercapai dengan optimal sehingga laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) Keuangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat disetujui oleh seluruh fraksi DPRD Jatim.

"Seluruh catatan dan rekomendasi dari DPRD Jatim akan kami tindak lanjuti sebagai acuan dalam perbaikan penyelenggaraan pemerintahan di tahun mendatang," ujarnya saat rapat paripurna di Gedung DPRD Jatim, Surabaya, Rabu.

Pj Gubernur Adhy memastikan tindak lanjut rekomendasi DPRD Jatim akan digunakan sebagai bahan dalam penyusunan perencanaan dan anggaran pada tahun berjalan berikutnya.

Menurutnya berbagai capaian yang telah diraih bukan hasil kerja keras dari Pemprov Jatim semata, melainkan bagian dari kerja bersama, kolaborasi, serta gotong-royong antara Pemprov Jatim, Pemkab/Pemkot beserta jajaran Forkopimda.

“Terpenting adanya sinergi, perhatian, serta pengawalan dari para anggota dewan Jatim. Tak kalah penting adalah kesadaran dari segenap masyarakat Jatim,” ujarnya.

Adhy mengungkapkan selama kurun waktu lima tahun kepemimpinan Gubernur Jatim Periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Emil Elestianto Dardak, Pemprov Jatim telah melewati masa-masa sulit dan berat.

Mulai dari Pandemi virus corona (COVID) 19, bencana alam, hingga dinamika politik menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

"Akan tetapi, berkat kekuatan tekad, semangat dan gotong royong semua pihak mampu melaluinya selaras dengan pencapaian target kualitatif dan kuantitatif Nawa Bhakti Satya," ucap Pj Gubernur Adhy.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Adhy menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila LKPj dan seluruh laporan kinerja tahun 2023 yang yang disampaikan terdapat kekurangan pada narasi, substansi materi, data-data pendukung maupun kesalahan yang sifatnya redaksional.

DPRD Jatim memberi beberapa kesimpulan atas pendapat akhir dari fraksi fraksi.

Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad menjelaskan semua saran dan catatan, serta harapan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rekomendasi DPRD yang diberikan kepada Pj Gubernur untuk ditindaklanjuti sebagai perbaikan penyelenggaraan pemerintahan ke depan.

"Semua fraksi di DPRD Jatim sepakat memberikan rekomendasi kepada Pj Gubernur terhadap LKPj akhir tahun anggaran 2023," ucapnya.
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024