Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Timur memaksimalkan pemberitaan dan siaran pers untuk mendukung keterbukaan informasi publik, pengawasan dan membangun citra positif lembaga tersebut baik di daerah maupun di provinsi menjelang pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2024.

"Penguatan sumber daya manusia (SDM) Bawaslu perlu ditingkatkan melalui pelatihan agar kinerja kehumasan semakin lebih baik jelang pilkada," kata Ketua Bawaslu Jatim A. Warits saat menutup kegiatan pelatihan jurnalistik di Kabupaten Jember, Selasa.

Bawaslu Jatim mengadakan kegiatan pelatihan penulisan berita dan press release untuk humas Bawaslu provinsi dan Bawaslu kabupaten/kota se-Jawa Timur pada 13-14 Mei 2024 yang digelar di salah satu hotel di Kabupaten Jember dalam rangka menghadapi Pilkada 2024.

"Bawaslu yang memiliki mandat untuk melakukan pengawasan penyelenggara pemilu tidak bisa bekerja maksimal tanpa dukungan banyak pihak, termasuk masyarakat, sehingga perlu dijalin hubungan baik melalui humas," tuturnya.

Sementara Anggota Bawaslu Jatim Divisi Humas dan Data Informasi Dwi Endah Prasetyowati mengajak pengawas pemilu yang mengampu divisi hubungan masyarakat se-Jawa Timur untuk memaksimalkan pemberitaan selama tahapan Pilkada 2024.

Menurutnya setiap pemberitaan yang dibuat oleh Humas Bawaslu kabupaten/kota se-Jawa Timur akan bermanfaat kepada masyarakat yang sekaligus menjadi edukasi politik yang baik.

"Masyarakat akan tahu apa saja yang dilakukan oleh Bawaslu melalui pemberitaan. Membuat berita itu terkesan biasa saja, namun dampaknya akan terasa karena itu adalah wajah lembaga," katanya.

Ia berharap dengan peningkatan kapasitas SDM yang diselenggarakan oleh Bawaslu Jatim akan menyemarakkan informasi tentang Pilkada 2024, sehingga masyarakat bisa mengetahui tahapan pilkada dan kinerja pengawas pemilu.

"Semakin banyak informasi tentang hasil pengawasan Bawaslu selama Pilkada 2024 akan kian baik bagi demokrasi, sehingga kami berharap seluruh pengampu kehumasan di Bawaslu semakin baik kualitas penulisan beritanya dan konsistensi pemberitaan atau press release selama pilkada serentak," ujarnya.

Endah juga mendorong agar humas dapat menyajikan informasi tentang pemilu yang edukatif lewat pemberitaan yang dimuat pada laman Bawaslu di masing-masing daerah untuk mendukung keterbukaan informasi publik.

"Keberadaan laman Bawaslu menjadi salah satu teras informasi dari lembaga ke khalayak, sehingga penting bagi humas di Bawaslu untuk produktif dalam menulis pemberitaan dan press release," tuturnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024