Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, terus berupaya meningkatkan literasi perempuan dan anak lewat aplikasi sistem informasi perpustakaan wanita dan anak (Sipuswita).
 
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di Mojokerto, Ahad, mengatakan aplikasi perpustakaan berbasis digital khusus untuk perempuan dan anak ini merupakan inovasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperka) Kabupaten Mojokerto dalam memberikan kemudahan masyarakat untuk mendapatkan informasi di manapun dan kapanpun melalui genggaman tangan layar kaca saja yakni gawai.
 
"Salah satu yang menjadi tugas Dinas Perpustakaan ini adalah bagaimana menciptakan ruang dan tempat baik secara real maupun secara digital bagi masyarakat yang membutuhkan informasi akan literasi," ucap Bupati Ikfina.
 
Ia menjelaskan, aplikasi Sipuswita ini merupakan wujud peningkatan pelayanan terhadap masyarakat oleh Disperka Kabupaten Mojokerto.
 
Ia mengatakan aplikasi Sipuswita dapat menjadi rujukan untuk menambah wawasan oleh masyarakat, karena segala informasi yang diberikan oleh aplikasi tersebut dapat dipertanggungjawabkan kevalidannya.
 
"Kalau remaja putri ingin belajar terkait reproduksi maupun belajar terkait seksualitas dan jika kita tidak sediakan di perpustakaan atau sumber bacaan yang bisa dipertanggungjawabkan, maka dia akan googling dan menemukan tulisan yang bisa dipertanggungjawabkan atau tidak. Apakah ini ilmiah atau sekedar pendapat dan kemudian dia pakai untuk sumber bacaan, itu akan sangat berbahaya," ujarnya.
 
Ia mengatakan, aplikasi Sipuswita juga memberikan segala informasi terhadap perempuan dan anak, diharapkan dapat menekan terjadinya permasalahan sosial remaja seperti pernikahan anak usia dini hingga pergaulan bebas.
 
"Nah, maka kita buatkan khusus sehingga kalau kita ingin sesuatu yang berhubungan dengan perempuan atau seorang ibu yang ingin tahu informasi tentang anak-anak nanti, kita bisa langsung masuk ke Sipuswita. Jadi khusus kalau memang menyajikan hal yang agak vulgar tidak apa-apa toh ini khusus untuk perempuan dan anak," ujarnya.
 
Dirinya akan mensosialisasikan aplikasi Sipuswita di berbagai sekolah-sekolah tingkat SMP maupun SMA hingga di berbagai kegiatan untuk meningkatkan eksistensinya.
 
"Saya akan sapa supaya anak-anak kita remaja putri kalau ingin tahu informasi tentang kesehatan dirinya, perempuan atau apapun dia akan bisa membaca dari sumber-sumber yang bisa dipertanggungjawabkan," ucapnya.*

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024