Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono memberangkatkan sebanyak 366 jamaah calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama ke Tanah Suci dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Sabtu malam.

“Selamat beribadah kepada para jamaah, semoga ibadahnya lancar dan mabrur,” ujarnya di sela sambutan pemberangkatan kloter pertama.

Orang nomor satu di jajaran Pemprov Jatim tersebut memberangkatkan jamaah yang tergabung dalam sembilan bus pada pukul 23.30 WIB.

Dijadwalkan, rombongan jamaah asal Kabupaten Bojonegoro tersebut berangkat Minggu (12/5) pukul 05.20 WIB di Bandara Internasional Juanda Sidoarjo di Surabaya menuju Madinah, Arab Saudi.

Pada kesempatan tersebut, Adhy Karyono titip pesan kepada para jamaah untuk tidak lupa mendoakan Bangsa Indonesia, khususnya Jawa Timur selalu aman, tertib dan tentram.

“Termasuk menjelang masa-masa pemilihan kepala daerah (pilkada) di seluruh kabupaten/kota pada akhir tahun ini. Doakan semoga pesta demokrasi berjalan lancar dan sesuai harapan bersama,” ucapnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada para jamaah calon haji selama berada di Tanah Suci untuk selalu mendengarkan arahan dari petugas dan menjaga kondisi kesehatan.

“Di sana cuacanya sangat panas sehingga dibutuhkan ketahanan kondisi tubuh yang cukup. Sekali lagi, jangan memaksakan sesuatu, apalagi tanpa adanya koordinasi dengan petugas haji di sana,” kata AKA, sapaan akrabnya.

Sementara itu, pada musim haji tahun ini, tiga bandara memberlakukan layanan sistem “fast track”, yakni Bandara Juanda Surabaya, Adi Soemarmo Solo dan Soekarno-Hatta Tangerang.

Layanan tersebut merupakan penghargaan yang diberikan Pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia, sebab pengecekan administrasi cukup dilakukan di embarkasi sehingga jamaah saat turun pesawat di Madinah atau Jeddah bisa langsung menuju hotel atau pemondokan.

Total sebanyak 39.228 jamaah calon haji berangkat melalui Embarkasi Surabaya pada 2024, yang tergabung dalam 106 kloter.

Tahun ini, jamaah diberangkatkan ke Arab Saudi menggunakan Maskapai Saudia Arabian Airlines dengan tipe pesawat Airbus 330 berkapasitas 371 orang.

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024