Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mendukung pengembangan inovasi di bidang teknologi yang dilakukan oleh Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya, demi membantu meningkatkan kesejahteraan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Sabtu mengatakan sudah banyak teknologi hasil tangan mahasiswa dan para ahli dari ITS yang dimanfaatkan oleh pemkot setempat.

"Saya sudah bertekad menggunakan teknologinya ITS untuk menyejahterakan Kota Surabaya, saya minta tolong Pak Rektor dan seluruh anak ITS menciptakan teknologi untuk kebaikan warga Kota Surabaya," kata Eri.

Eri menyebut motor listrik dan alat pengering merupakan contoh karya ITS yang digunakan oleh pemkot untuk mengembangkan sektor UMKM.

"Sekarang dengan alat yang diciptakan ITS yang hari ini dipakai untuk dicoba, ternyata mengeringkan ikan menggunakan alat itu maupun dengan terik matahari hasilnya sama dan tidak repot jika mendung," ucapnya.

Sementara, Wali Kota Surabaya menyebut ITS selalu mampu melahirkan lulusan berkompeten di bidangnya. Bahkan banyak kepala maupun pejabat daerah merupakan alumni lembaga perguruan tinggi itu.

"Ternyata yang pejabat di daerah banyak lulusan ITS, berarti ITS ada dimana-dimana yang selalu memberikan ilmunya. Ini sangat luar biasa," katanya.

Mantan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkot Surabaya ini pun optimistis kolaborasi dengan ITS yang terus berjalan mampu berdampak pada meningkatkan taraf hidup pelaku UMKM di Kota Surabaya.

"Semoga pertemuan ini menguatkan kinerja kita bersama karena kekuatan kami adalah kekuatan gotong royong," ucap dia.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024