Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Airlangga Khofifah Indar Parawansa berharap Unair menunjukkan eksistensinya sebagai kampus berkelas dunia.

Saat ini Unair menduduki ranking 345 sebagai kampus terbaik di dunia versi QS World University Ranking (WUR) 2024.

“Kami optimistis bahwa peringkat ini akan semakin naik sehingga Unair bisa masuk dalam kampus terbaik dunia,” ujarnya di sela Halalbihalal dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah Keluarga Besar Ika Unair di Kampus C Surabaya, Selasa.

Pada kesempatan tersebut, hadir juga Rektor Unair Prof Mohammad Nasih beserta sejumlah civitas akademika kampus.

Khofifah yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU itu juga berharap Unair semakin menunjukkan perannya di tataran nasional maupun global, terutama dalam menghasilkan lulusan berkualitas, meningkatkan kualitas penelitian, serta memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat.

Menurut dia, pada berbagai studi menyatakan bahwa potensi ekonomi digital Indonesia masih terbuka lebar sehingga ke depan industri berbasis teknologi dan digitalisasi diperkirakan menjadi engine of growth baru bagi masyarakat dunia.

“Ini tentunya membutuhkan sumber daya manusia (SDM) bertalenta yang berdaya saing. Ini mengindikasikan bahwa pengembangan SDM harus beriringan dengan pengembangan ekonomi digital,” ucap dia.

Selain itu, kata dia, perguruan tinggi memiliki peran penting dalam melahirkan generasi muda berkarakter dan berdaya saing tinggi yang nantinya akan menjadi game changer di tengah tantangan dan perubahan yang dihadapi masyarakat dunia saat ini.

“Kami yakin bahwa Unair akan mampu mengambil peran itu. Hingga ke depan lulusan Unair bisa muncul dan mengisi posisi-posisi strategis yang ada di negeri  ini,” tutur Gubernur Jatim periode 2019-2024 tersebut.

Sementara itu, mantan Menteri Sosial tersebut pada kesempatan sama juga membagikan melon hidroponik dari hasil panen di Jawa Timur.

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024