Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang Nugraha Yudha Murdiarto mengatakan arus mudik dan balik Lebaran 2024 di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur berjalan lancar dan aman berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh petugas di lapangan.

"Secara umum semua berjalan lancar, tidak ada masalah. Kami sudah mencatat penumpang turun dan naik untuk armada bus di Terminal Minak Koncar Wonorejo dan memantau Stasiun Klakah," kata Nugraha dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang, Senin.

Menurutnya data yang dikumpulkan dari Terminal Minak Koncar Wonorejo dan Stasiun Kereta Api Klakah menggambarkan hal positif tentang kelancaran arus transportasi selama musim mudik dan balik Lebaran 2024.

"Total ketersediaan armada bus mencapai 2.248 unit, sedangkan layanan kereta api menyediakan 16 unit, setara dengan 32 perjalanan pulang-pergi," tuturnya.

Baca juga: Kapolri Listyo Sigit patroli udara jalur tol arus balik Lebaran

Data yang dirilis menunjukkan bahwa sebanyak 5.835 penumpang turun di Terminal Minak Koncar Wonorejo Lumajang, sementara jumlah penumpang naik mencapai 35.697 orang.

Ia menjelaskan bahwa jumlah penumpang turun mencerminkan data yang tercatat secara riil di Terminal Minak Koncar, sedangkan jumlah penumpang naik mencakup akumulasi penumpang yang tidak turun dan penumpang yang hanya melintas.

Sementara itu, petugas mencatat di Stasiun Klakah terdapat 1.098 penumpang turun dan 2.417 penumpang naik selama periode yang sama pada 2-12 April 2024.

"Berdasarkan data itu, layanan armada baik di terminal maupun stasiun masih dapat dikategorikan aman dalam memberikan layanan kepada masyarakat selama libur Lebaran," katanya.

Nugraha mengatakan hasil pengamatan dan analisis Dinas Perhubungan Lumajang menegaskan bahwa mobilitas pemudik dalam periode tersebut berjalan dengan lancar dan layanan transportasi bus dan kereta api tetap dalam kondisi yang aman dan terjamin.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024