Satuan Samapta Polres Situbondo, Jawa Timur, rutin menggelar patroli kompleks perumahan dan permukiman warga yang ditinggal mudik pada Lebaran 2024.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan bahwa patroli rumah kosong tidak hanya petugas dari Satuan Samapta, tetapi jajaran polsek juga secara proaktif mendatangi permukiman/perumahan untuk mencegah terjadinya aksi pencurian.

"Kegiatan patroli di kompleks perumahan dan pemukiman warga terus kami lakukan selama mudik Lebaran," kata AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto di Situbondo, Jawa Timur, Kamis.

Kapolres mengatakan bahwa petugas melakukan pengecekan di antaranya kondisi pagar apakah terkunci dengan baik, jendela, dan pintu rumah terbuka atau tidak, serta kelistrikan dari bagian luar.

Baca juga: Polres Situbondo mengamankan dua orang terduga calo tiket kapal feri

Setelah dipastikan kondisi rumah kosong di perumahan tersebut aman, petugas melanjutkan patroli ke rumah atau lokasi lainnya

Sementara itu, Kasat Samapta Polres Situbondo AKP Sudpendi menjelaskan bahwa petugas patroli juga berkoordinasi dengan pihak keamanan setempat dan warga sekitar yang tidak mudik untuk selalu memberikan informasi rutin setiap harinya mengenai situasi di sekitar lokasi.

"Kalau ada yang khawatir meninggalkan kendaraannya, masyarakat bisa menitipkan sepeda ke Mapolres Situbondo atau polsek, tidak ribet, hanya langsung datang, dan nanti kami data, tentu gratis," ujarnya.

Tidak hanya di kompleks perumahan dan permukiman warga, lanjut Sudpendi, polisi juga mengambil langkah proaktif dengan mengintensifkan patroli di kawasan toko emas.

"Langkah ini juga untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas dan aksi kriminalitas yang mungkin terjadi," ujarnya.

Selama masa mudik Lebaran, Polres Situbondo berupaya memberikan layanan bagi warga yang mudik sehingga mereka merasa aman dan nyaman. Selain patroli rutin, juga menyediakan fasilitas penitipan kendaraan di halaman polres setempat.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024