Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur berkolaborasi dengan Kepolisian Resor Kediri memasang Area Traffic Control System (ATCS) di berbagai titik di wilayah setempat sebagai upaya mengetahui kondisi arus lalu lintas sekaligus gerak cek mengurainya jika terjadi kemacetan.

"Kami siapkan ATCS di titik rawan kemacetan selama mudik Lebaran dan arus balik," kata Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana di Kediri, Selasa.

ATCS tersebut sudah terkoneksi ke sejumlah ruas jalan di Kabupaten Kediri, sehingga polisi dengan dinas terkait juga bisa langsung memantau arus lalu lintas.

Ada sekitar sembilan ATCS yang dipasang di sejumlah titik yang rawan terjadi kemacetan, salah satunya di kawasan Simpang Mengkreng, yang merupakan jalur penghubung lintas provinsi dari Jawa Tengah ke Jawa Timur.

Ia juga memantau secara langsung arus lalu lintas di Pos Mengkreng, Kabupaten Kediri. Hingga kini, arus lalu lintas masih terpantau lancar. Kemacetan terjadi hanya saat kereta api sedang melintas, sekitar 30 menit sekali.

Bupati juga meminta kepada para pemudik untuk berhati-hati di jalan raya sekaligus memastikan kesehatannya selama perjalanan. Sebab, saat perjalanan jauh membutuhkan stamina yang tinggi.

"Jaga kesehatan dan jangan lupa beristirahat. Yang terpenting patuhi peraturan lalu lintas selama berkendara," kata dia.

Sementara itu, Kapolres Kediri AKBP Bimo Ariyanto mengungkapkan puncak mudik Lebaran 2024 diprediksi terjadi pada Senin malam. Untuk saat ini arus lalu lintas masih terpantau lancar.

"Saat ini situasi terpantau sangat lancar. H-1 yang diprediksi akan terjadi kemacetan, juga lancar. Dengan pola yang kami tetapkan dan kesiapsiagaan anggota, kemacetan bisa kita urai," kata Kapolres.

Ia menambahkan dibandingkan dengan tahun lalu tingkat kemacetan di kawasan Mengkreng relatif lebih landai. Namun, ia tetap meminta anggota siaga mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi.

Sebab, potensi kemacetan tersebut masih sangat besar akibat adanya pelintasan kereta api dan tempat pemberhentian bus yang berada tepat di sebelah timur Pospam Mengkreng.

"Jika terjadi penumpukan di simpang Mengkreng, dari arah Kediri di simpang Papar akan dilakukan pengalihan ke arah Plemahan dan menuju ke Jombang," kata dia.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024