Pabrik Kertas PT Tjiwi Kimia Tbk. mengampanyekan penggunaan kantong ramah lingkungan lewat kegiatan bagi-bagi takjil kepada pengendara di depan lingkungan perusahaan dalam rangka bulan Ramadhan.
 
Humas PT Tjiwi Kimia Tbk. Benny Haryawan di Sidoarjo, Rabu, mengatakan terdapat 10 ribu takjil yang dibagikan kepada masyarakat dan juga karyawan.
 
"Kemasan takjil yang dibagikan menggunakan kantong ramah lingkungan. Ribuan takjil dalam kemasan kertas yang food grade dan sudah ada sertifikat halal sehingga bisa langsung dibuang karena bahannya mudah sekali terurai," katanya.
 
Pihaknya sudah meneliti jika kertas kantong takjil tersebut mudah terurai dengan tanah sehingga tidak seperti pada kemasan makanan nonkertas yakni plastik yang mengganggu lingkungan.

Sehingga, kata dia, dalam kegiatan bagi-bagi takjil tersebut sekaligus kampanye dalam rangka melindungi bumi.
 
"Kertas ini bila dibuang sewaktu-waktu dan dimanapun dengan mudah terurai dengan tanah," katanya.
 
Selain mengkampanyekan penggunaan kantong ramah lingkungan, pihaknya saat ini juga fokus dalam pembuatan polibag yang juga ramah lingkungan mengingat selama ini banyak digunakan menggunakan bahan plastik.
 
"Kalau menggunakan plastik tentunya akan meninggalkan beban sampah yang sulit terurai, namun jika menggunakan kantong polibag yang ramah lingkungan tentunya bisa cepat terurai dan tidak menimbulkan sampah," tuturnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024