Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan menerima sebanyak 1.200 paket bantuan sembako di Pendopo Agung setempat, Kamis, untuk disalurkan kepada korban banjir di wilayah setempat.

1.200 paket sembako sembako itu masing-masing dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Pertamina Hulu Energi-West Madura Offshore (PHE-WMO)  sebanyak 1.000 paket dan Bank Jawa Timur (Jatim) sebanyak 200 paket.

"Kami sampaikan terima kasih kepada SKK Migas dan Bank Jatim yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat Bangkalan yang tengah dilanda musibah bencana banjir. Ini merupakan bentuk kepedulian Bank Jatim dan SKK Migas kepada masyarakat Bangkalan," kata Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan Arief M Edie saat menerima bantuan paket tersebut, pada Kamis.

Banjir yang melanda Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur terjadi pada 12 Maret 2024 di empat kecamatan, yakni Kecamatan Blega, Arosbaya, Klampis dan dan Kecamatan Tanjung Bumi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Bangkalan mencatat, sedikit 2.000 jiwa terdampak banjir akibat curah hujan lebat dan luapan sungai ini.

"Kondisi banjir di beberapa lokasi terbilang cukup parah sehingga warga harus dievakuasi dan kita buatkan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Alhamdulillah saat ini kondisinya sudah normal kembali. Namun akibat banjir banyak masyarakat yang stok kebutuhan rusak atau hilang sehingga masih perlu kita bantu," ujar Pj Bupati Bangkalan Arief M Edie.

Karena itu, sambung dia, dengan bantuan paket sembako yang disalurkan oleh SKK Migas dan Bank Jatim sangat bermanfaat dan membantu bagi warga yang terdampak banjir.

"Bantuan ini nantinya akan kami salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan," katanya, menambahkan.   

Selain dari perusahaan, bantuan peduli pada korban banjir juga dilakukan sejumlah instansi pemerintah, seperti Polres Bangkalan, Kejaksaan Negeri Bangkalan dan sejumlah organisasi keagamaan, seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024