Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Kediri menyediakan uang kertas baru emisi 2022 sebanyak Rp5,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah pada momentum Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2024.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri Moch. Choirur Rofiq dalam keterangan tertulisnya di Madiun mengatakan, jumlah Rp5,2 triliun tersebut disalurkan melalui program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024.

"Penyaluran dilakukan baik melalui penukaran langsung kas keliling, maupun bekerja sama dengan perbankan di 13 kabupaten/kota di wilayah kerja BI Kediri, yaitu di Madiun Raya dan Kediri Raya," ujarnya, Kamis.

Menurut dia, jumlah yang disediakan pada tahun 2024 ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu sehingga kebutuhan uang Rupiah tersedia dengan jumlah yang cukup dan nominal yang tepat

Sesuai data, uang kertas baru emisi 2022 yang disediakan pada tahun lalu mencapai sebanyak Rp5,1 triliun.

Adapun setiap penukaran uang, dilakukan pembatasan. Yakni setiap penukar maksimal melakukan penukaran Rp4 juta.

"Tujuannya agar distribusi kebutuhan uang menjelang lebaran dapat dinikmati oleh masyarakat secara luas," katanya.

Pak Choi, sapaan akrab Moch. Choirur Rofiq menyebut, pendaftaran penukaran uang baru dilakukan secara daring melalui website PINTAR (pintar.bi.go.id) sementara penukaran dilakukan secara luring melalui kas keliling.

Masyarakat dapat melihat jadwal penukaran kas keliling di Instagram Bank Indonesia Kediri (@bank_indonesia_kediri) secara berkala,.

"Penukaran dilakukan bebas memilih pecahan yang mana, tidak harus paket. Namun tetap maksimal total penukaran maksimal Rp4 juta dan masing masing pecahan tidak bisa ditambah ataupun dikurangi," tutur dia.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024