Belasan orang yang tergabung dalam Aliansi Jasa Konstruksi Situbondo (AJKS) unjuk rasa menuntut pencopotan oknum pejabat karena dinilai arogan di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Permukiman (DPUPP) Kabupaten Situbondo, Senin.

Aksi demonstrasi kontraktor lokal ini menyampaikan aspirasinya di depan kantor Dinas PUPP.

Koordinator Aksi Agus Ari Cahyadi menyatakan bahwa Aliansi Jasa Konstruksi Situbondo kecewa atas oknum pejabat PUPP yang dinilai tidak punya etika dalam bersikap terhadap para pelaku jasa konstruksi, sehingga menimbulkan kegaduhan.

Agus menyampaikan bahwa ada tiga tuntutan dalam aksi tersebut, yakni meminta kepada pemerintah daerah setempat untuk mencopot oknum pejabat PUPP, memprioritaskan pengusaha lokal Situbondo, dan menghargai para pelaku jasa konstruksi yang bersinergi membangun daerah dengan pemerintah.

Agus Ari menegaskan akan kembali melakukan aksi serupa dengan massa yang lebih banyak, jika tiga tuntutannya tidak dipenuhi.

"Kami meminta pemkab segera melakukan tindakan serius,  jika PUPP belum menyepakati tiga tuntutan itu maka kami akan melakukan aksi serupa pada minggu depan," katanya.

Perwakilan pendemo ditemui Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo Wawan Setiawan serta Kepala Dinas PUPP. Dalam pertemuan itu belum ada kesepakatan apa yang menjadi tuntutan pendemo.

"Dari tiga tuntutan itu, sekali lagi kami sampaikan bahwa kami bekerja sesuai aturan. Kalau semuanya (tuntutannya) keluar dari konteks aturan ya tidak bisa juga," kata Wawan.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024