Ketua Dekranasda Kabupaten Trenggalek Novita Hardini sukses menjadi satu-satunya perempuan yang mewakili daerah pemilihan Jawa Timur 7 lolos ke DPR RI hasil Pemilihan Umum Legislatif 14 Februari 2024.

Dalam siaran pers diterima di Surabaya, Senin, bahwa berdasarkan data Real Count KPU di dapil yang meliputi Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, Madiun, Ngawi dan Magetan tersebut, suara Novita mencapai 148.232 suara.

Di dapil tersebut, Novita yang maju melalui PDI Perjuangan lolos bersama mantan Bupati Ngawi dua periode, Budi “Kanang” Sulistyono, sekaligus memastikan dua kursi ke Senayan.

Kendati baru pertama kali maju dalam Pemilihan Legislatif DPR RI, aktivis perempuan penggerak itu terbukti lolos melalui persaingan cukup ketat.

Di dapil tersebut, dari delapan kursi diperebutkan, enam wakil rakyat lainnya adalah dua kursi dari Partai Demokrat, kemudian masing-masing satu kursi asal PKB, Golkar, Gerindra dan PKS.

"Ini merupakan amanah luar biasa dari seluruh masyarakat di Dapil 7 Jatim. Terima kasih untuk relawan yang sudah bekerja keras. Terima kasih juga untuk tim gerakan ‘Kawal Bundaku’ menuju Senayan," ujarnya.

Menurut dia, hasil tersebut menjadi tanggung jawab besar dan berkomitmen untuk selalu membela kepentingan rakyat. 

"Sepanjang saya bersama masyarakat, saya yakin akan mampu mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya," tutur istri Bupati Moch Nur Arifin tersebut.

Sementara itu, dari dapil Jatim 7, nama-nama lain yang lolos adalah Edhie Baskoro Yudhoyono dan Sartono (Partai Demokrat), kemudian H.A. Iman Sukri (PKB), Ali Mufthi (Golkar), Supriyanto (Gerindra) dan Riyono (PKS).

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024