Pelajar dan Kader Surabaya Hebat (KSH) memadati sejumlah ruas jalan di kota setempat untuk menyambut rombongan kirab Adipura Kencana yang digelar oleh pemerintah kota (pemkot) setempat, Rabu.

Pantauan ANTARA, rombongan kirab Adipura Kencana yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mulanya berkumpul di DBL Arena Surabaya pada sekitar pukul 10.00 WIB.

Di sana, rombongan sudah disambut dengan yel-yel yang disorakkan oleh ratusan pelajar SMP dan puluhan anggota KSH asal kelurahan setempat.

Sekitar pukul 10.20 WIB, arak-arakan agenda tersebut beranjak meninggalkan titik kumpul untuk menuju Balai Kota Surabaya sebagai titik akhir pelaksanaan.

Wali Kota Eri Cahyadi yang didampingi istrinya Rini Indriyani menumpangi jeep wheelis di urutan paling depan. Keduanya nampak memegang Piala Adipura Kencana.

Rute kirab meliputi, Jalan Ahmad Yani, Jalan Wonokromo, Jalan Darmo, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Gubernur Suryo, dan Jalan Yos Sudarso.

Sepanjang jalan tersebut nampak antusias para pelajar dan KSH menyambut rombongan.

Bahkan, di setiap titiknya Wali Kota Surabaya juga memberikan kesempatan kepada para pelajar dan kader untuk berfoto bersama dengan piala tersebut.

Tak hanya itu, setiap kader dan pelajar juga mengibarkan bendera merah putih saat rombongan kirab melintas.

Salah seorang pelajar asal SMP Negeri 32 Alena Rafania Opie mengaku bangga atas keberhasilan Kota Surabaya meraih penghargaan tersebut.

"Semoga Kota Surabaya bisa terus bersih dan hijau. Polusi juga dikurangi supaya tidak panas cuacanya," ujarnya seusai menyambut rombongan kirab Adipura Kencana di Jalan Ahmad Yani.

Sementara, Koordinator wilayah RW 7 KSH Kelurahan Gayungan Cahya Budi Saptono mengatakan termotivasi untuk terus bekerja sebagai garda terdepan dalam membantu merampungkan persoalan di wilayah setempat, khususnya mengenai lingkungan.

"Yang perlu ditingkatkan terkait sanitasi dan saluran supaya tidak ada lagi banjir, kalau banjir biar cepat surut. Kesadaran masyarakat menjaga lingkungan juga sama perlu ditingkat meski sudah tinggi," ucapnya.

Rombongan kirab tiba di Balai Kota Surabaya pada sekitar pukul 12.00 WIB. Wali kota bersama rombongan juga menyempatkan waktu untuk makan soto bersama dengan para petugas kebersihan di lingkungan pemkot setempat.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024