PT Pertamina terus berupaya menuntaskan masalah limbah di Kampung Cabut Duri ikan bandeng yang berada di Desa Kalanganyar, Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur.

"RT 17 ini sejak dulu menjadi sentra penyedia jasa cabut duri, hal ini mengakibatkan RT 17 menjadi kampung paling kumuh di Desa Kalanganyar. Kehadiran Pertamina Aviation Fuel Terminal (AFT) Juanda di Kampung Cabut Duri ini mengubah wajah kampung menjadi lebih bersih dan asri," kata Perangkat Desa Kalanganyar, Maschobich dalam keterangannya di Sidoarjo, Selasa.

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal Kampung Cabut Duri, kata dia, dilakukan setelah melewati perencanaan, pembangunan, dan uji coba IPAL Komunal yang sudah dilaksanakan sejak November 2023. 

"IPAL Komunal merupakan sistem pengolahan air limbah yang dilakukan secara terpusat untuk memproses limbah cair domestik dan difungsikan secara komunal. IPAL Komunal di Kampung Cabut Duri ini adalah dimana limbah yang dibuang ke saluran inlet merupakan limbah cucian ikan bandeng dari proses cabut duri dan inovasi IPAL Komunal ini mampu mengolah sebanyak 226 kl per tahun air limbah tersebut," katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sidoarjo Bahrul Amiq menyampaikan terima kasih atas kontribusi Pertamina AFT Juanda dalam pelestarian lingkungan, khususnya di Ring 1 operasional perusahaan.

Amiq juga mengapresiasi kontribusi masyarakat walaupun hanya satu atau dua orang saja yang mau mengurusi sampah maupun permasalahan masalah kebersihan di lingkungannya.

"Kita semua harus sadar dan terus mengkampanyekan pentingnya pelestarian lingkungan untuk masa depan yang lebih baik. IPAL Komunal ini bukan hanya inovasi sistem tapi bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bersama melestarikan lingkungan," ucapnya.

Supervisor HSSE mewakili AFT Juanda, Erlangga menyampaikan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir pihaknya telah melaksanakan beberapa agenda dalam rangka tanggung jawab sosial dan perbaikan lingkungan, khususnya di Desa Kalanganyar.

"Setelah pemberian bantuan-bantuan CSR penataan kampung, kami juga membuat sistem dan memberikan pelatihan pengolahan limbah. Kegiatan terakhir kami di Kampung Cabut Duri adalah pembangunan IPAL Komunal yang tujuannya mengolah limbah cair sehingga dapat dikatakan saat ini 100 persen limbah berhasil terolah," ucapnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024