Tim sepak bola Jawa Timur selangkah lagi lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut setelah memetik kemenangan pada laga kedua dengan skor 3-1 atas lawannya Maluku Utara (Malut) pada grup A Babak Kualifikasi (BK) PON XXI di Lapangan Thor Surabaya, Selasa sore.

Gol tim Jatim dicetak oleh Achmad Dwi Firmansyah pada menit ke-24, Wigi Pratama di menit ke-38 dan Achmat Fahrul Aditia menit ke-80.

Sedangkan, satu-satunya gol dari Tim Malut dicetak oleh Muhammad Haikal pada menit ke-41.

Pelatih Tim Jatim Fakhri Husaini usai pertandingan mengatakan dari pertandingan tersebut banyak pelajaran berharga yang dapat diambil saat anak asuhnya bertanding melawan dari tim Indonesia Timur.

"Saya sudah sampaikan hal ini dari awal, pasti tidak mudah untuk melawan tim dari Indonesia Timur, karena mereka punya keterampilan cukup untuk menjadi pemain bagus. Kami mendapat pelajaran berharga dari para pemain Maluku Utara," ucapnya.

Fakhri menambahkan, keunggulan dari tim Malut yaitu memiliki barisan pertahanan yang baik dan rapi sehingga agak sedikit sulit untuk anak asuhnya masuk.

"Mereka memiliki bagian belakang yang rapi, itu yang bisa menurut saya baik," katanya.

Fakhri menambahkan meskipun dalam laga selanjutnya hanya membutuhkan hasil imbang, namun para pemainnya diberi instruksi untuk tetap memenangkan pertandingan.

"Saya sampaikan ke pemain, mereka main itu untuk menang, karena sepak bola mengajarkannya. Namun jika hasil akhirnya imbang maka itu bukan dibuat-buat atau sengaja untuk mengalah, tidak ada di kamus saya hal itu," ujarnya.

Sementara itu, pelatih Tim Malut Safrudin Abd Rasid mengapresiasi anak asuhnya meski menelan kekalahan saat melawan Jatim.

"Menurut saya anak-anak sudah bermain baik, sudah sesuai skema pertandingan yang saya inginkan, mereka sudah mendengarkan instruksi. Main mereka luar biasa," ucapnya.

Meski timnya dipastikan tidak akan lolos ke PON XXI Aceh-Sumut, kata dia, pada pertandingan terakhir melawan Sulawesi Tenggara (Sultra) tetap akan memberikan perlawanan yang terbaik.

"Sudah dipastikan tidak akan lolos, tapi saya akan instruksikan untuk tetap bermain baik dan memberikan perlawanan, karena di laga terakhir kami juga tidak ingin kalah," katanya.

Pada pertandingan pertama, Tim Jatim berhasil mengalahkan Sultra dengan skor 6-0. Sedangkan Malut hanya bermain imbang 1-1 melawan Maluku.

Klasemen sementara grup A BK PON XXI, Tim Jatim berada di peringkat pertama dengan mengoleksi enam poin dari dua pertandingan.

Sedangkan peringkat kedua dihuni oleh Sultra dengan mengoleksi total empat poin dari dua pertandingan.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024