Publishing 1 Vice General Manager Gramedia, Andi Tarigan menegaskan, minat baca buku masyarakat di Indonesia masih cukup tinggi, terlihat dari jumlah pengunjung pagelaran Festival "Semesta Buku" Gramedia yang mencapai 200.000 orang.

"Tahun lalu, Semesta Buku hanya diselenggarakan di Jakarta, namun melihat respon masyarakat yang sangat antusias, pihak Gramedia akhirnya mengadakan di seluruh Indonesia," kata Andi, saat memberi keterangan pers pada Festival Buku Semesta Buku di Surabaya, Jumat.

Ia mengatakan, Semesta Buku telah digelar Gramedia dari Aceh hingga Jayapura pada 16 Februari 2024 hingga nanti berakhir 3 Maret 2024, dan kolaborasi 132 komunitas dengan total pengunjung hingga saat ini mencapai 200.000 orang.

Meski minat cukup tinggi, kata Andi, namun dia mengaku bahwa akses untuk mendapatkan buku yang tidak mudah.

“Sebelum kita bertanya, masih adakah orang yang membaca buku? Kita harus menjawab seperti apa akses buku ke masyarakat. Berangkat dari hal ini, kami ingin membuat pameran buku terbesar yang dapat menjangkau seluruh Indonesia dan membuka akses seluas-luasnya pada masyarakat untuk setidaknya mencicipi buku terlebih dahulu agar dapat memajukan perjalanan literasi kedepannya,” ujarnya. 

Oleh karena itu, kegiatan ini adalah untuk membuka akses sekaligus merupakan ajang untuk bertemu antarpembaca, pembaca dan penulis, berbagai komunitas pembaca, dan acara bedah buku yang layak untuk diikuti.

Sementara itu, Festival Buku “Semesta Buku” di Surabaya diselenggarakan di Tunjungan Plaza Surabaya dari 16 Februari 2024 hingga 3 Maret 2024.(*)
 

Pewarta: Azra Syahirah

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024