Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syarifah Ambami Rato Ebu (Syamrabu) Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Rabu, meresmikan program layanan vaksinasi bersertifikat internasional sebagai upaya untuk memudahkan akses masyarakat yang hendak ke luar negeri.

"Dibukanya layanan vaksin ini, akan mempermudah akses masyarakat, khususnya yang hendak bepergian ke luar negeri dan membutuhkan sertifikat vaksin internasional," kata Penjabat Bupati Bangkalan Arief M Edie di Bangkalan, Rabu.

Peluncuran program itu dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Rosidi Roslan.

Dalam kesempatan itu, Pemkab Bangkalan mengucapkan terima kasih atas KKP 1 Surabaya yang sudah memberikan wewenang kepada RSUD Syamrabu untuk memberikan layanan vaksin internasional.

"Adanya layanan ini, maka masyarakat Bangkalan tidak perlu lagi jauh-jauh ke Surabaya untuk mendapatkan sertifikat vaksin internasional. Cukup di RSUD Syamrabu, sudah bisa," ujar dia.

Direktur RSUD Syamrabu Bangkalan Farhat Suryaningrat mengungkapkan layanan itu berdasarkan permintaan masyarakat karena warga Bangkalan cukup banyak bekerja di luar negeri.

"Masyarakat Bangkalan itu, banyak bekerja di luar negeri, menjadi pahlawan devisa. Namun selama ini, mereka masih kesulitan untuk mendapatkan layanan vaksin internasional," ujarnya.

Kepala KKP 1 Surabaya Rosidi Roslan menjelaskan bahwa secara aturan sertifikat vaksin internasional dikeluarkan oleh Balai Besar Karantina dan Kesehatan Surabaya.

"Namun ada sebagian wewenang yang kita limpahkan pada rumah sakit, sesuai aturan Kemenkes. Maka dari itu, kita keluarkan izin pelayanan rumah sakit ditingkat daerah," katanya.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024