Komisi Pemilihan Umum Ponorogo menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten.
 
Rapat pleno dijadwalkan berlangsung tiga hari, terhitung mulai Selasa (27/2) hingga Kamis (29/2), bertempat di gedung PGRI, Ponorogo.
 
"Ini nanti membacakan perolehan suara di masing-masing kecamatan," kata Komisioner KPU Arwan Hamidi di Ponorogo, Selasa.
 
Proses penghitungan dilakukan bertahap. Dimulai dengan perhitungan atau rekapitulasi surat suara pemilihan presiden (Pilpres) dan dilanjutkan DPR RI, DPD, DPR Provinsi dan terakhir rekapitulasi DPRD Kabupaten Ponorogo.
 
"Nanti penghitungannya secara berurutan, hari ini 11 kecamatan, besok 10 kecamatan dan hari terakhir proses administrasinya," ujar Arwan.
 
Selain melakukan rekapitulasi, rapat pleno ini juga sekaligus menyingkronkan data antara dokumen di setiap kecamatan dengan hasil di aplikasi Sistem Rekapitulasi (Sirekap).
 
Sejauh ini rekapitulasi melalui aplikasi Sirekap sudah 100 persen, sedangkan untuk aplikasi info pemilu masih berproses.
 
"Sirekap ini ada dua kamar. Satu kamar ini Sirekap melakukan rekap berjenjang tingkat kecamatan hingga kabupaten. Kamar dua itu yang ada tampilan data itu di Info Pemilu yang bisa diakses masyarakat. Sirekap sudah maksimal, kalau info pemilu data belum maksimal karena banyak faktor," paparnya.
 
Proses rekapitulasi itu dihadiri Bawaslu Kabupaten Ponorogo untuk memastikan seluruh perhitungan di tingkat Desa, Kecamatan hingga Kabupaten sudah sesuai dengan ketentuan.
 
"Kami minta pendapat bawaslu terkait hasil tersebut. Termasuk nanti jika ada kejadian khusus di tingkat Kabupaten," ucap Arwan.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024