Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolingg mulai menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 tingkat kabupaten itu, Sabtu.

"Sejauh ini semuanya sangat mendukung bagaimana penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Probolinggo berjalan dengan baik," kata Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim di kabupaten setempat.

Menurutnya tahapan demi tahapan mulai dari sosialisasi, kampanye dan pencoblosan berjalan aman, tertib, lancar dan terkendali. Meskipun ada dinamika sedikit, tetapi itu bagian dari perjalanan bangsa.

"Saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada jajaran TNI dan Polri yang selalu mendampingi KPU mengikuti alur tahapan Pemilu 2024. Tanpa pengamanan yang baik, maka jalannya Pemilu tidak akan aman dan kondusif," tuturnya.

Ia berharap jalannya proses rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Kabupaten Probolinggo berjalan dengan lancar, aman dan tertib, namun pihaknya menyiapkan ruang khusus untuk menyampaikan saran dan masukan tetapi ada tata tertibnya.

Sementara Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan pelaku politik yang terlibat langsung baik penyelenggara, pengawas maupun peserta Pemilu 2024.

"Situasi yang terjadi sampai saat ini di Probolinggo cukup kondusif. Semua itu tercipta berkat adanya kebersamaan dan pemahaman yang sama serta sinergitas baik Forkopimda dan tokoh agama di Probolinggo," katanya.

Ia menjelaskan, rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 sebenarnya sudah dijalani di tingkat PPK, namun semua harus tetap dihitung di tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional.

"Saya berharap proses tahapan rekapitulasi yang dijadwalkan mulai Sabtu hingga Rabu (28/2) dapat berjalan dengan lancar dan tertib," ujarnya.

Dalam rapat pleno terbuka tersebut dijadiri oleh Penjabat Bupati Probolinggo Ugas Irwanto dan jajaran Forkopimda, Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Yonki Hendriyanto, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Probolinggo dan pimpinan partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024