Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur memastikan seluruh TPS di daerahnya telah menyelesaikan proses penghitungan atau rekapitulasi suara dan kini dilanjutkan ke tingkat PPS (desa) dan PPK (kecamatan).

"Ya, Alhamdulillah, seluruh tahapan di tingkat TPS sudah selesai semuanya tadi pagi. Saat ini sudah dilanjutkan proses rekap di tingkat PPS dan bahkan ada yang mulai didistribusikan ke kecamatan (PPK)," kata Ketua KPU Ponorogo, Arwan Hamidi di Ponorogo, Kamis.

Menurut dia, perkembangan ini positif karena tahapan rekapitulasi di tingkat TPS sesuai target, sebagaimana peraturan mahkamah konstitusi (MK) batas maksimal penghitungan suara yakni 12 jam setelah hari pencoblosan.

Artinya sebelum jam 12 siang seluruh proses penghitungan suara harus selesai.

"Memang yang agak lama itu di administrasi formulir, tapi selama tidak melebihi batas maksimal tidak masalah," katanya.

Ia pun mengapresiasi kinerja tim KPPS yang tersebar di 2.893 TPS di 305 desa/kelurahan 21 kecamatan.

Selain pelaksanaan pemungutan suara dan rekapitulasi lancar sejauh ini, partisipasi pemilih disebutnya tinggi, yakni mencapai 90 persen dari total DPT sebanyak 758.688 orang.

"Dari hasil sampling kami sejauh ini masyarakat yang hadir mencapai 90 persen, meskipun angka pastinya kami juga menunggu hasil dari rekapitulasi nanti di KPU," katanya.

Namun, Arwan belum bisa menyebutkan berapa perolehan hasil suara di setiap surat suara. Katanya, masyarakat bisa melihat progres hasil Pemilu melalui laman Info Pemilu.

"Alhamdulillah selama pemilu tidak ada kendala, secara garis besar mulai proses hingga perhitungan berjalan dengan lancar," katanya.

Informasi sementara dari hasil perhitungan cepat yang dilakukan di Bakesbangpol Ponorogo, dari hasil perolehan hasil hitung pemilihan presiden melalui laman Info Pemilu tanggal tertanggal 15 Februari pukul 16.00 WIB, paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan perolehan suara 33.615 atau 14,04 persen.

Paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapatkan perolehan suara 154.685 atau 64,59 persen.

Sedangkan Paslon 03 Ganjar-Mahfud MD mendapatkan perolehan suara 51.169 atau 21,37 persen.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024