Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatat sepanjang 2023 jumlah pelanggan di Region East Java & Bali Nusra (EJBN) mencapai lebih dari 18,3 juta pelanggan, yang mana sekitar 78 persen di antaranya aktif menggunakan layanan internet menyumbangkan pertumbuhan trafik data sebesar 11,9 persen.

President Director and Chief Executive Officer IOH Vikram Sinha saat konferensi pers secara daring, Rabu, mengatakan pencapaian tersebut tidak lepas dari kontribusi seluruh pihak mulai dari mitra bisnis, pelanggan, pemegang saham dan seluruh karyawan. 

"Pada 2023, Indosat region EJBN memiliki sekitar 30 ribu sites, BTS 4G, yang melayani pelanggan di wilayah tersebut atau bertambah 25 persen dari periode sama tahun 2022," ucapnya.

Secara nasional, lanjutnya, kinerja IOH tercatat baik pada periode selama 2023 termasuk pertumbuhan pesat dalam total pendapatan, EBITDA, margin EBITDA, trafik data, dan jumlah BTS (Base Transceiver Station) 4G.

"Total pendapatan dan EBITDA tumbuh konsisten di setiap kuartal 2023. Indosat membukukan total pendapatan sebesar Rp51,2 triliun di sepanjang 2023, atau meningkat 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya secara tahunan," ucapnya.

Selain itu, kata Vikram, pendapatan selular tumbuh 8,7 persen secara tahunan, yang  disebabkan oleh peningkatan pendapatan data dan interkoneksi.

"Pertumbuhan total pendapatan tersebut didorong oleh peningkatan kualitas pelanggan konsumen dan korporasi serta kinerja positif dari semua lini bisnis perusahaan," katanya.

Sementara itu, untuk pendapatan Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) naik 13,0 persen secara YoY.

"Hal itu ditopang oleh peningkatan pendapatan layanan IT dan Internet Tetap. Selanjutnya, pendapatan Telekomunikasi Tetap juga melesat 28,4 persen YoY dikontribusi oleh peningkatan pendapatan telepon internasional dan jaringan tetap.," tuturnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024