Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur mengajak seluruh anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satuan Linmas) di daerah setempat untuk turut serta menyukseskan Pemilihan Umum 2024 sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

"Untuk Kota Madiun sudah siap semua. TNI-Polri siap, hari ini Satlinmas kita apelkan dan semua sudah ready," ujar Wali Kota Madiun Maidi saat memimpin Apel Siaga Satuan Linmas dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 di Alun-Alun Madiun, Senin.

Menurut dia, Satlinmas mempunyai tugas melekat dalam rangka suksesnya pemilu. Mulai dari sebelum hari H pemilu, pada saat hari H pemilu, hingga pasca-hari H.

Wali Kota menegaskan akan peran krusial atau penting dari Satlinmas dalam menjaga kondusivitas daerah selama tahapan pemilu berlangsung.

Satlinmas merupakan unsur pendukung kewilayahan yang mampu menunjang ketentraman dan ketertiban umum (trantibum) bagi masyarakat jelang Pemilu 2024.

"Kalau dibutuhkan untuk mengawal kotak atau mengangkat kotak tentu juga harus siap membantu. Untuk tugas-tugas sudah kita sampaikan," kata dia.

Wali Kota berharap pemilu bisa berjalan lancar sekaligus membahagiakan. Untuk mewujudkan hal tersebut tentu butuh peran semua pihak, termasuk masyarakat dan satlinmas. Masyarakat harus saling menghargai dan menghormati biarpun berbeda pilihan.

Sementara, dalam apel tersebut diikuti sebanyak 1.500 personel Satlinmas yang telah dibentuk dan disiagakan.

Satlinmas nantinya saat bertugas akan melekat bersama TNI-Polri di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan posko pemilu. Tak hanya mengamankan, mereka juga membantu tugas dari KPPS.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024