Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jawa Timur menggelar agenda Jambore Lingkungan 2024 di Kalisawah Adventure Banyuwangi selama tiga hari bentuk ikhtiar dalam melestarikan lingkungan.

Ketua Umum DPD IMM Jatim Firdaus Suudi dalam keterangan diterima di Surabaya, Minggu, mengatakan kegiatan bertema "Harmoni Alam, Menuju Kehidupan Berkelanjutan" ini diikuti 40 peserta yang berasal dari perwakilan seluruh cabang di Jawa Timur. 

"Kami juga melibatkan praktisi yang memiliki kapasitas penuh dalam isu-isu lingkungan sebagai bentuk ikhtiar melestarikan lingkungan," kata Firdaus.

Firdaus menjelaskan agenda selama tiga hari tersebut juga dipenuhi dengan sharing session terkait isu mutakhir persoalan iklim dan lingkungan. 

Pada Minggu hari ini, yang merupakan hari terakhir ditutup dengan penanaman pohon oleh seluruh peserta Jambore, sebagai bentuk sedekah oksigen terhadap alam.

Lebih lanjut, Firdaus menjelaskan krisis iklim menjadi persoalan serius saat ini, sehingga upaya mengatasi krisis iklim harus dimulai dengan mengedepankan etika lingkungan, yaitu adanya keseimbangan antara manusia dan alam.

“Menanam pohon adalah amal kebaikan yang akan terus bisa dirasakan manfaatnya oleh generasi kita selanjutnya. Melalui kegiatan menanam pohon kita memberi seribu manfaat kepada mahkluk hidup, termasuk manusia yakni oksigen,” katanya.

Ia juga menjelaskan menanam pohon merupakan salah satu ikhtiar IMM Jatim dalam menjaga kelestarian lingkungan.

"Kenapa kami memilih pohon, karena pohon merupakan salah satu investasi terbaik yang dapat kita lakukan untuk menjamin masa depan cerah bagi seisi bumi," katanya.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024