Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dalam pembangunan tahap dua Stadion Gelora Daha Jayati.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengemukakan pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Direktur Prasarana Strategis, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR Essy Asiah terkait pembangunan stadion tahap kedua.

"Kami merencanakan stadion selambat-lambatnya akan bisa beroperasi pada 2024 akhir atau 2025 pertengahan," katanya di Kediri, Rabu.

Ia mengatakan, dalam pertemuan tersebut, Pemkab Kediri memang menegaskan terus menyelesaikan pembangunan stadion yang lokasinya berada tidak jauh dari Bandara Dhoho tersebut.

Pada tahap pertama, pembangunan struktur stadion telah selesai. Stadion yang memiliki kapasitas 15.500 penonton itu diproyeksikan menggunakan kursi model single seat.

Bupati mengatakan pada tahap pertama ini baru terpasang 204 kursi dari kapasitas stadion tersebut.

Kemudian, kata dia, pada bagian atap tribun didesain tertutup. Pada tahap pertama pemasangan atap baru pada zona A dan C.

Ada juga termasuk pemberian lampu stadion yang saat ini terpasang 16 unit. Pemberian lampu masih kurang 152 unit.

Bupati menjelaskan untuk kekurangan pada tahap pertama direncanakan akan dirampungkan pada tahap kedua termasuk untuk pekerjaan lain seperti furniture untuk seluruh ruangan di stadion.

"Kami berharap mendapatkan masukan dan saran (terkait kelanjutan pembangunan stadion)," kata dia.

Sementara itu, Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR Essy Asiah mengatakan pihaknya memang ikut mendukung pembangunan proyek stadion itu.

Ia mengatakan dalam pertemuan yang digelar pemkab dan Kementerian PUPR adalah untuk mempersiapkan kelanjutan pembangunan Stadion Gelora Daha Jayati, Kabupaten Kediri itu.

"Memang kami mendapatkan arahan dari pimpinan bagaimana nanti untuk melanjutkan karena ini tahap kedua," kata dia.

Ia menambahkan, sebelum melanjutkan pembangunan Stadion Gelora Daha Jayati Kediri pada tahap kedua, Kementerian PUPR akan mengkaji kembali desain stadion termasuk hal-hal lain terkait pekerjaan di tahap pertama.

Setelah pertemuan itu, rombongan dari Kementerian PUPR melanjutkan melakukan pengecekan lokasi Stadion Gelora Daha Jayati di Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024