Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jawa Timur merilis penunjukan empat tuan rumah dalam pembagian grup 16 besar Kompetisi Liga 3 PSSI Jawa Timur 2023/2024.

“Penunjukan empat tuan rumah ini berdasarkan surat pengajuan resmi yang dikirimkan oleh klub-klub tersebut. Kemudian melalui rapat Bidang Kompetisi PSSI ditentukan keempat tuan rumah ini. Pastinya dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu,” kata Sekretaris Asprov PSSI Jatim Joko Tutuko dalam keterangannya di Surabaya, Senin.

Pembagian grup, lanjutnya, juga ditentukan dengan mempertimbangkan kedekatan wilayah, atau hal lain yang bersifat teknis.

"Semua peserta juga sudah sepakat,” ucapnya.

Soal peta kekuatan, kata dia, tidak ada grup ringan atau grup neraka, karena semua tim yang bertanding di babak 16 besar memiliki kekuatan cukup berimbang.

“Semua tim punya peluang lolos sama. Tuan rumah memang lebih diuntungkan karena bermain di kandang sendiri. Tapi itu bukan jaminan mereka bisa lolos ke fase selanjutnya. Karena kami tahu, semua tim yang lolos ini sudah membuktikan kualitas mereka di babak sebelumnya, dengan menyisihkan lawan-lawannya,” ujarnya.

Joko berharap tim-tim yang lolos ke babak delapan besar nantinya, benar-benar yang berkualitas, karena semuanya akan bertarung di tahap yang lebih berat dengan lawan yang lebih berat pula.

“Saya sangat yakin, dengan peningkatan kualitas pelatih dan perangkat pertandingan melalui pelatihan-pelatihan yang kami gelar selama ini menghasilkan pemain-pemain dan tim-yang berkualitas. Pertandingan pun berlangsung sengit karena kekuatan setiap tim mengalami kenaikan,” ujar Joko.

Babak 16 besar Kompetisi Liga 3 PSSI Jawa Timur 2023/2024 berlangsung pada 18, 20 dan 22 Januari 2024 dan tiap grup diisi oleh empat tim.

Dari masing-masing grup akan diambil dua tim, yakni juara grup dan runner-up untuk melaju ke babak delapan besar.

Adapun Grup HH, selain dihuni tuan rumah Persekabpas Pasuruan, juga ada Persid Jember, PSM Kota Madiun dan PS Mojokerto Putra yang akan berlaga di Stadion R. Soedrasono, Bangil, Pasuruan.

Untuk Grup II, tuan rumah Persibo Bojonegoro akan ditemani NZR Sumbersari, Banyuwangi Putra dan PSIL Lumajang, di Stadion Letjen H. Soedirman, Bojonegoro.

Berikutnya Grup JJ yang akan dimainkan di Stadion Untung Surapati, Kota Pasuruan, terdiri dari tuan rumah Pasuruan United, Persiga Trenggalek, Mitra Bola Utama dan Perssu Sumenep.

Grup terakhir, Grup KK dengan home base Stadion Canda Bhirawa Kediri, Persedikab Kediri akan bersaing dengan Perseta Tulungagung 1970, Persipro 1954 dan Persewangi Banyuwangi.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024