Kepala Kepolisian Resor Sumenep Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Henri Noveri Santoso mengecek kesiapan logistik Pemilihan Umum 2024 di kantor Komisi Pemilihan Umum kabupaten setempat, Senin.

"Ini hari pertama kami masuk kantor dan langsung ke KPU Sumenep untuk mengecek beberapa hal terkait logistik. Kami akan dan siap membantu dan bersinergi dengan KPU Sumenep demi suksesnya Pemilu 2024," katanya di Sumenep.

Tiba di kantor KPU, Henri yang didampingi sejumlah pejabat utama Polres Sumenep langsung melihat gudang KPU setempat dan aktivitas para pekerja.

Ketua KPU Sumenep Rahbini dan empat komisioner KPU lainnya terlihat menemani dan berbincang dengan Henri.

Kapolres juga sempat berbincang dengan komisioner seputar kesiapan logistik dan rencana distribusi logistik di ruangan Ketua KPU Sumenep.

Distribusi logistik ke wilayah kepulauan di Sumenep menjadi salah satu fokus pembicaraan, mulai dari rencana pendistribusian, sarana transportasinya, hingga opsi jika kondisi cuaca laut buruk.

Sementara itu, Ketua KPU Sumenep Rahbini menjelaskan waktu pendistribusian logistik ke wilayah kepulauan tertentu kemungkinan besar akan bersamaan dengan pergeseran polisi ke pulau yang sama.

"Distribusi logistik ke wilayah kepulauan memiliki tantangan tersendiri. Kami sudah memetakan potensi kendala dan opsi solusinya. Doakan semoga semuanya berjalan lancar," tutur dia.

Kabupaten Sumenep terdiri atas 27 kecamatan, yakni 18 kecamatan di daratan dan sembilan kecamatan di kepulauan.

Sesuai jadwal dan tahapan pelaksanaan Pemilu 2024, hari "H" pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilihan Presiden-Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, pada 14 Februari 2024.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Sumenep sebanyak 877.135 orang, dengan rincian 414.340 laki-laki dan 462.795 perempuan.

Para pemilih tersebar di 3.863 tempat pemungutan suara (TPS) pada 334 desa/kelurahan di 27 kecamatan.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024