Sebanyak 920 orang peserta dari seluruh Indonesia dan juga dari Malaysia mengikuti kegiatan Progresif Festifal (Profest) yang diselenggarakan oleh Sekolah Progresif Bumi Shalawat, Sidoarjo, Jawa Timur guna meningkatkan kemampuan siswa.

Ketua Panitia kegiatan Profest Sekolah Progresif Bumi Shalawat Muhammad Iqbal di Sidoarjo, Sabtu, mengatakan para peserta sebelumnya mengikuti proses penyisihan secara dalam jaringan.

"Dan hari ini, mereka kami undang karena sudah masuk dalam babak semifinal dan juga final," ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang sebelumnya sempat terhenti akibat adanya pandemi COVID-19.

"Karena banyaknya animo siswa yang ingin mengikuti maka pada tahun ini kegiatan 'profest' diadakan lagi," ucapnya.

Kegiatan ini mengusung tema “Young Generation for a Peaceful and Sustainable World”  yang bertujuan untuk memberdayakan generasi muda dalam kerangka pemahaman dan tindakan yang mendukung perdamaian dan lingkungan yang berkelanjutan.

"Progresif Festival merupakan kompetisi untuk jenjang SD/MI dan SMP/MTs tingkat Nasional," katanya.

Ia mengatakan, ada beberapa kategori kompetisi yang dilombakan, untuk kategori SD/MI peserta dapat mengikuti kompetisi Olimpiade Matematika, Olimpiade IPA/S dan story telling berbahasa Inggris.

"Sedangkan pada SMP/MTs terdapat empat kategori perlombaan yaitu Olimpiade Matematika, Olimpiade IPA, Olimpiade IPS dan English speech," ujarnya.

Melalui Profest 2024 ini, harapannya dapat menciptakan ruang bagi para generasi muda untuk terus berkembang dalam berpikir kritis dan kreatif serta dengan tetap menjunjung tinggi nilai akhlakul karimah guna mewujudkan masa depan yang damai dan berkelanjutan.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024