Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Kediri, Jawa Timur, menandatangani perjanjian kinerja sehingga program yang sudah direncanakan pada 2024 ini bisa direalisasikan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kediri Zanariah di Kediri, Jumat mengemukakan bahwa perjanjian kinerja ini merupakan janji Kepala OPD kepada kepala daerah. Dalam penyusunan perjanjian kinerja itu OPD harus tahu bagaimana capaian target di tahun sebelumnya.

"Penandatanganan perjanjian kinerja ini merupakan satu rangkaian dari tahap sebelumnya. Kemarin (Kepala OPD) sudah presentasi di hadapan saya. Perjanjian kinerja memang harus ditandatangani, agar tidak hanya sebagai dokumen formal, tetapi juga sebagai komitmen bersama untuk meningkatkan kinerja dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia juga menambahkan, penandatanganan perjanjian kinerja ini menjadi implementasi dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), maka pelaksanaannya harus berorientasi pada hasil yang berdampak pada masyarakat.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Kepala OPD Kota Kediri beserta segenap jajaran untuk kinerja pelaksanaan anggaran tahun lalu.

Zanariah berharap pada tahun 2024 ini, Kepala OPD Kota Kediri menjalankan komitmen tersebut dengan sungguh-sungguh, sesuai prognosis dan timeline yang sudah disusun. OPD juga harus lebih semangat dan bekerja lebih keras untuk mencapai hasil yang jauh lebih baik dan lebih bermanfaat bagi masyarakat.

"Beberapa kegiatan yang telah dilakukan kemarin sampai hari ini merupakan salah satu cara bagaimana saya membangun hubungan komunikasi dengan bapak ibu Kepala OPD. Selain itu, Kepala OPD juga harus harus memahami peraturan perundang-undangan yang sedang berproses. Karena hampir setiap hari di pusat maupun provinsi itu peraturan-peraturannya terus berkembang," kata dia.

Penandatanganan perjanjian kinerja Kepala OPD Kota Kediri tersebut secara simbolis diwakili oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kediri Endang Kartika Sari, Inspektur Inspektorat Kota Kediri Muklis Isnaini serta Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Ruang Joyoboyo Balai kota Kediri, dihadiri oleh seluruh Kepala OPD Kota Kediri. Setelah seremonial, acara juga dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kinerja untuk kepala OPD lainnya.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024