Ratusan personel gabungan disiagakan untuk mengamankan kedatangan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka dalam kegiatan Apel Shalawat Kebangsaan yang digelar di Jember Sport Garden, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu.

"Jumlah personel pengamanan internal dan eksternal sebanyak 522 orang dengan rincian anggota Polri sebanyak 352 orang, anggota TNI sebanyak 100 orang, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan Jember masing-masing 30 orang," kata Kapolres Jember AKBP Moh. Nurhidayat di kabupaten setempat.

Menurutnya pengamanan Very Very Important Person (VVIP) diberlakukan aparat keamanan pada cawapres nomor urut 2 saat melakukan safari politiknya di Kabupaten Jember.

"Untuk Gibran pengamanan-nya kelasnya VVIP karena yang bersangkutan seorang cawapres sekaligus anak Presiden Joko Widodo," tuturnya.

Ia menjelaskan pengamanan untuk setiap capres maupun cawapres yang berkunjung ke Jember merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama melakukan safari politik di Jember.

Seperti cawapres Mahfud Md beberapa waktu lalu juga berkunjung ke Kabupaten Jember, dan dilakukan pengamanan gabungan dari pihak Polri dan eksternal karena merupakan cawapres nomor urut 3.

"Kami juga berkoordinasi dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) karena beliau adalah putra Presiden Jokowi, sehingga yang menjadi leading sektor pengamanan VVIP dari Kodim, sedangkan Polri berada di pengamanan lapis ketiga dengan memastikan keamanan lokasi dan jalur jalan yang dilalui," katanya.

Laskar Sholawat Nusantara (LSN) menggelar Apel Shalawat Kebangsaan dengan jumlah peserta sebanyak 50.000-70.000 orang yang dihadiri oleh Presiden LSN Muhammad Fawait yang juga sebagai calon DPRD Jatim dan cawapres Gibran Rakabuming Raka di Stadion Jember Sport Garden, Kabupaten Jember.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024