PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun melakukan penanaman ratusan bibit pohon di sejumlah stasiun wilayah kerjanya guna mendukung program Gerakan Satu Juta Pohon yang digaungkan pemerintah untuk menekan dampak perubahan iklim yang diperingati setiap tanggal 10 Januari.

Penanaman pohon secara simbolis dilakukan Vice President Daop 7 Mulyani, Vice President of Corporate Social Responsibility Tatang Kusdiman bersama tim Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Daop 7 Madiun di Stasiun Geneng, Ngawi.

"Penanaman pohon ini merupakan salah satu pelaksanaan program strategis perusahaan yang sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari PBB terkait melindungi, merestorasi, dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan eksosistem daratan," ujar Mulyani di sela penanaman di Geneng, Ngawi, Rabu.

Untuk tahap ini, penanaman sebanyak 638 pohon dilakukan di sejumlah stasiun wilayah Daop 7 Madiun, meliputi Stasiun Kedunggalar, Magetan, Ngawi, Geneng, Walikukun, Saradan, Bagor, Sukomoro, Sembung, Sumobito, Nganjuk, Jombang, Caruban, Kertosono, Baron, Peterongan, dan Curahmalang.

Baca juga: KAI "Go Green", Daop Surabaya tanam puluhan pohon di lima stasiun

Jenis bibit pohon yang ditanam di antaranya ketapang kencana, pule, pucuk merah, mangga, jambu, nangka, alpukat, kelengkeng, matoa, rambutan, jambu air, tabebuya, jeruk bali, cemara udang, dan jambu kristal.

Mulyani menjelaskan dukungan KAI pada program Hari Gerakan Satu Juta Pohon tersebut sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo pada konferensi G20 dimana Indonesia berkontribusi dalam menangani perubahan iklim dan mengelola lingkungan secara berkelanjutan.

Selain itu, penanaman pohon secara serentak tersebut juga merupakan salah satu bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan KAI melalui program "KAI Go Green".

Mulyani menjelaskan, program penghijauan melalui penanaman pohon serentak itu juga ditujukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan dapat menangkal polusi udara.

"Melalui kegiatan Hari Gerakan Satu Juta Pohon ini, KAI berharap dapat memberikan kontribusi dalam upaya mengurangi pemanasan global sekaligus membantu pemerintah dalam pencapaian target emisi nol pada tahun 2060," tambah Mulyani.

Aksi penghijauan pada Rabu 10 Januari  juga serentak dilaksanakan di seluruh wilayah kerja PT KAI (Persero) yang mencakup Daerah Operasi, Divisi Regional, Divisi LRT, Balai Yasa, dan Anak Perusahaan.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2024