Perempuan Nahdlatul Ulama (NU) Sumenep yang mengatasnamakan kader Fatayat NU setempat mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Pilpres 2024, Kamis.

"Dukungan kami kepada Ganjar-Mahfud tak ada kaitannya dengan partai politik apa pun. Ini dilakukan atas dasar kesadaran para kader Fatayat dan tanpa tekanan dari mana pun," kata Raudhatul Jannah di Sumenep.

Deklarasi kader Fatayat NU Sumenep bergerak bersama mendukung Ganjar-Mahfud itu dihadiri perwakilan kader Fatayat di wilayah daratan.

Mereka menilai Ganjar-Mahfud layak memimpin Indonesia. Selain dinilai profesional, pasangan capres-cawapres tersebut yang dianggap bisa mengangkat derajat kaum perempuan.

"Kami akan bekerja keras untuk memenangkan Ganjar-Mahfud. Siapa lagi dan kapan lagi, kalau bukan kami dan elemen masyarakat lainnya yang memenangkan 'taretan dibi', Pak Mahfud (warga Madura)," kata Raudha, panggilan Kabid Dakwah PC Fatayat NU Sumenep itu menambahkan.

KPU RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres dan cawapres untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pasangan Anies-Muhaimin diusung oleh Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar-Mahfud diusung oleh DPI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, Partai Garuda, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

KPU RI telah menetapkan masa kampanye pemilu mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023