Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur Ahmad Rizki Sadig menyerahkan rekomendasi pencalonan kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Mojokerto di tahun 2024, kepada wakil bupati setempat Muhammad Albarra atau Gus Barra.

Rekomendasi untuk Gus Barra diserahkan di Kantor Dewan Pimpinan Wilayah PAN Jawa Timur, di Jalan Darmokali, Surabaya, Selasa sore.

"Rekomendasi untuk Pilkada kabupaten dan kota ini pertama kali kami berikan," kata Rizki seusai acara.

Rizki menjelaskan rekomendasi untuk Gus Barra dengan format tunggal atau hanya posisi Bakal Calon Bupati Mojokerto.

Terbitnya rekomendasi berdasarkan masukan yang diterima oleh kader dan simpatisan PAN di tingkat Kabupaten Mojokerto.

Baca juga: Pilkada Kabupaten Mojokerto: Pasangan "Ikbar" klaim menang versi hitung cepat

Baca juga: Pilkada Kabupaten Mojokerto: KPU tunggu pengumuman MK untuk tetapkan pemenang

Kemudian, PAN Jawa Timur melakukan pembahasan masuk soal rekomendasi tersebut bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Jadi ini bentuknya formalitas dari proses panjang yang sudah dilakukan oleh PAN dengan keluarga besar Amanatul Ummah," ujarnya.

Rizki menyebut Gus Barra merupakan sosok representasi anak muda potensial membawa Kabupaten Mojokerto ke arah yang lebih maju.

Karena itu, Wakil Bupati Mojokerto itu disebutnya punya langkah yang sama dengan PAN, yakni konsentrasi memberdayakan dan menyediakan ruang berkreasi bagi para pemuda.

"Gus Bara kami yakin bisa menjalankan amanah dari masyarakat," ujarnya.

Sementara, Rizki menyatakan selain Gus Barra, PAN Jawa Timur juga sudah melakukan proses pembicaraan dengan pimpinan daerah di 38 kabupaten/kota soal, seperti Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Baca juga: Pilkada Kabupaten Mojokerto, KPU sebut debat publik jadi ajang adu program

"Kalau Mas Dito mau kami bisa duduk bersama sebelum Pemilihan Umum (Pemilu), tetapi masih belum ada tindak lanjut. Termasuk Surabaya juga, sudah sering saya ngomong sama Mas Eri," ujar Rizki.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Albarra atau Gus Barra mengatakan selain PAN, ada beberapa partai lain yang sudah melakukan pembicaraan soal rekomendasi maju di Pilkada 2024.

Kendati demikian, dia masih enggan menyebut partai mana saja yang dimaksud.

"Insya Allah menyusul partai lain dan ada tetapi itu nanti, masih disembunyikan," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, selain Gus Barra PAN sudah juga menjadi partai pertama yang memberikan rekomendasi kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa maju di Pilkada 2024 Jawa Timur.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023