Puncak kepadatan penumpang kereta api saat libur Natal  2023 dan Tahun Baru 2024 di sejumlah stasiun PT  KAI Daerah Operasi 9 Jember sepanjang Banyuwangi hingga Pasuruan diprediksi terjadi pada Sabtu ini.

"Puncak kepadatan penumpang pada libur Natal 2023 diperkirakan terjadi pada hari ini dan data pagi ini sudah sebanyak 9.526 penumpang yang diberangkatkan dari wilayah Daop 9 Jember," kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9, Cahyo Widiantoro di Jember, Jawa Timur, Sabtu.

Menurutnya, data tersebut kemungkinan masih bertambah karena ada beberapa KA yang akan diberangkatkan pada jadwal berikutnya.

Kepadatan penumpang tersebut terjadi karena bertepatan dengan mulai libur sekolah sesuai jadwal akademik libur semester 1 pada 22 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024.

Selama tiga hari sejak di mulainya masa Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 tercatat KAI Daop 9 Jember telah memberangkatkan sebanyak 28.756 penumpang menuju beberapa kota tujuan.

Baca juga: KAI Jember catat 61.422 tiket kereta untuk libur natal sudah dipesan

Baca juga: KAI Daop 9 Jember sediakan 432 tiket gratis untuk peserta Tajemtra


Sementara itu, PT KAI memperpanjang batas waktu pemesanan tiket melalui channel mitra penjualan sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang yang dimulai pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru.

"Pemesanan tiket melalui channel mitra penjualan dapat dilayani sampai dengan 1 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api, dengan batas waktu pembayaran selambatnya 30 menit setelah tahapan transaksi selesai dilakukan," tuturnya.

Sebelumnya pembelian tiket melalui channel mitra penjualan hanya dapat dilakukan hingga 3 jam sebelum keberangkatan, sehingga perubahan kebijakan itu diharapkan lebih meningkatkan fleksibilitas dan kenyamanan pelanggan dalam membeli tiket kereta.

Selama periode Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, KAI Daop 9 Jember menyediakan 20 perjalanan KA dan 22 perjalanan KA pada hari-hari tertentu dengan total 222.264 tempat duduk disediakan yang terdiri atas KA jarak jauh dan lokal.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023