Pemerintah Kota Batu memastikan persediaan atau stok bahan kebutuhan pokok penting untuk kebutuhan masyarakat dalam keadaan mencukupi, khususnya menjelang libur panjang akhir tahun 2023.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai di Kota Batu, Jawa Timur, Kamis mengatakan bahwa Pemerintah Kota Batu telah melakukan pengecekan langsung ketersediaan stok bahan kebutuhan pokok penting pada sejumlah titik di wilayah itu.

"Masyarakat jangan khawatir, stok bahan pangan, termasuk gas elpiji kami pastikan masih dalam kondisi aman dan terkendali," kata Aries.

Aries menjelaskan, Pemerintah Kota Batu melakukan pemantauan ketersediaan bahan pokok penting tersebut di Pasar Induk Among Tani dan sejumlah distributor besar, serta memastikan ketersediaan elpiji di pangkalan yang ada di wilayah tersebut.

Baca juga: Inovasi Pj Wali Kota yang terbukti angkat potensi wisata Batu

Menurutnya, berdasarkan hasil pantauan di lapangan, harga kebutuhan pokok penting kebutuhan masyarakat masih dalam kondisi relatif stabil, dan tidak menemukan adanya kenaikan harga yang signifikan.

Ia meminta kepada masyarakat khususnya saat menjelang Hari Natal 2023 dan perayaan Tahun Baru 2024, agar tidak panik dan melakukan pembelian bahan pokok secara berlebihan. Pemerintah Kota Batu menjamin ketersediaan bahan pokok penting untuk masyarakat.

"Ada kenaikan beberapa bahan pokok seperti cabai tapi masih dalam taraf normal dan terjangkau. Masyarakat dihimbau agar tidak panik," katanya.

Ia menambahkan, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bersama Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Malang akan melakukan langkah antisipasi, termasuk dalam penyaluran elpiji untuk menjamin ketersediaan bagi masyarakat.

"Langkah antisipasi ini untuk memastikan ketersediaan elpiji di masyarakat aman dan tidak terjadi kelangkaan seperti yang terjadi beberapa bulan lalu," katanya.

Sebagai informasi, wilayah Kota Batu merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Jawa Timur. Pada 2023, ditargetkan wilayah tersebut mampu menarik minat kunjungan wisatawan hingga sepuluh juta kunjungan, salah satunya pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023