Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan masterplan pembangunan Sirkuit Magetan sesuai standar Federasi Automobil Internasional (FIA). 

Sirkuit yang akan dibangun di Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, itu digadang-gadang akan menjadi sport tourism.

Menurutnya inisiasi pembangunan sirkuit di Magetan berangkat dari banyaknya penggemar olahraga bermotor, terutama anak muda, yang meningkat secara signifikan di Jawa Timur.

"Dengan adanya sirkuit di Magetan nanti diharapkan anak muda yang hobi dengan motor dapat menyalurkan hobinya dengan benar. Bandingkan dengan balapan liar, ketika sirkuit sudah disediakan maka hobi yang dimiliki oleh anak muda bisa disalurkan hingga menjadi prestasi," katanya melalui keterangan tertulis di Surabaya, Rabu.

Sirkuit Magetan diharapkan juga bisa menjadi daerah tujuan wisata bagi penghobi motor di Jawa Timur maupun Indonesia secara global.

Dengan standar fasilitas menurut FIA, bangunan Sirkuit Magetan terletak di antara pit lane dan paddock dengan besaran minimal 1.400 meter persegi yang terdiri dari beberapa pitbox

Rencananya akan dilengkapi dengan bangunan yang terletak di dekat garis finish dengan sistem komunikasi pos pencatat waktu ruang ofisial dan ruang delegasi FIA.

Dilengkapi pula dengan layanan pusat kesehatan yang memiliki peralatan medis canggih, minimal terdapat instalasi operasi dan penanganan luka bakar, serta beberapa unit ambulans dan kendaraan penolong.

Selain itu juga akan ada Tribun VIP maupun festival yang tertutup maupun terbuka. Kemudian juga akan memiliki ruang memadai untuk parkir, restoran dan juga fasilitas umum seperti toko suvenir, tempat ibadah dan lain-lain.

Khofifah berharap Sirkuit Magetan  menjadi sport tourism andalan yang mengombinasikan olahraga sekaligus memperkenalkan keunggulan wisata di Jawa Timur. 

"Sehingga dapat menumbuhkan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Peluncuran masterplan Sirkuit Magetan di Surabaya pada 19 Desember kemarin dihadiri oleh pembalap Mario Suryo Aji yang tahun 2024 akan masuk tim Moto2GP.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah Indar Parawansa juga memberikan tali asih kepada sejumlah atlet berprestasi di ajang Popnas, Peparpenas, Asian Games dan Asian ParaGames. Selain itu memberi sejumlah penghargaan di bidang kepemudaan dan olahraga. 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023