Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, mengapresiasi Kadin setempat yang memfasilitasi kreativitas pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) melalui gelaran Kadin Award 2023.

Pj Wali Kota Kediri Zanariah di Kediri, Kamis mengatakan Kadin Kota Kediri selama ini selalu sinergi dengan pemkot dan senantiasa peduli dan memberikan dukungan penuh kepada UMKM Kota Kediri untuk naik kelas.

"Kadin Award ini sudah terselenggara sejak tahun 2017 ini telah menjadi ajang show off -nya para pelaku usaha Kota Kediri, menuju tingkat lebih tinggi dan dilirik pasar potensial yang lebih luas," kata Zanariah di Kediri.

Ia mengungkapkan sesuai dengan tema Kadin Award 2023 yakni Go Pasar Modern, Go Digital, dirinya berharap dengan kegiatan ini bisa menjadi pemicu para pelaku UMKM Kota Kediri untuk semakin peduli dengan pesatnya kemajuan pasar daring saat ini, serta memanfaatkan peluang dengan baik.

"Apalagi saat ini perilaku konsumen dalam berbelanja sudah bergeser dari yang suka belanja di toko 'offline' dan bergeser ke toko daring," ujar dia.

Pihaknya juga mendorong UMKM Kota Kediri untuk bisa memanfaatkan peluang yang ada. Pemkot mendukung UMKM Kota Kediri untuk selalu meningkatkan kualitas produk, layanan dan branding usaha serta meluaskan jangkauan pasar baik luring maupun daring.

Baca juga: Diskominfo Kota Kediri perkuat peran Kelompok Informasi Masyarakat

"Saya juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kota Kediri agar selalu mendukung dan membeli produk lokal serta 'nglarisi' (melariskan) dagangan para UMKM Kota Kediri," kata dia.

Dalam gelaran Kadin Award 2023 yang berlangsung Rabu (13/12) malam ini, terdapat 46 UMKM yang mendaftar untuk mengikuti ajang tersebut. Panitia melakukan seleksi secara ketat dan dilakukan survei langsung ke tempat produksinya.

Hingga kemudian terpilih enam UMKM terbaik yang mempresentasikan usahanya untuk memperebutkan juara. UMKM terbaik tersebut yakni Harika Skin Beauty, Elfaist, Dhall Ngopie, Mie Level Nandez, Zamora Collection dan Kokonat Indonesia.

Pada gelaran Kadin Award ini juga disuguhkan penampilan peragaan busana para balita hingga mereka yang dewasa yang mengenakan busana modern kombinasi batik dengan tenun ikat khas Kota Kediri.

Pj Wali Kota Kediri, Kapolres Kediri Kota Teddy Chandra, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kediri Andi Mirna, Ketua Kadin Kota Kediri Muhammad Solikhin, dan tamu undangan lainnya juga ikut peragaan busana. Mereka memamerkan busana batik kombinasi tenun ikat Kota Kediri karya desainer lokal Kota Kediri Djajawarsa dan Numansa Batik.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan bibit pohon mangga podang, bibit cabai dan alat pemadam api ringan kebakaran kepada Pemerintah Kota Kediri.

Hadir pula dalam kegiatan ini, Wakil Ketua DPRD Kota Kediri Firdaus, Ketua Rumah Kurasi Setyohadi, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Kediri Imam Haryono, Ketua Kadin se-Karesidenan Kediri, Solo, Jogja, dan Jember, Kepala OPD Pemerintah Kota Kediri serta Perwakilan Bank Indonesia.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023