Pengadilan Negeri (PN) Jember, Jawa Timur memboyong lima penghargaan dari Mahkamah Agung terkait inovasi dan peningkatan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

MA memberikan penghargaan kepada pemenang lomba kinerja bagi satuan kerja di lingkungan Peradilan Umum Tahun 2023 dan penganugerahan piala bergilir Abhinaya Upangga Wisesa yang digelar di Pendapa Wahyawibawagraha Jember, Senin.

"Penghargaan itu merupakan hasil kerja keras dan kerja sama seluruh jajaran PN Jember dalam mewujudkan pelayanan yang prima dan profesional," kata Ketua PN Jember I Wayan Gede Rumega.

PN Jember mendapatkan penghargaan layanan pengadilan/PTSP tahun 2023 terbaik peringkat 1, penghargaan layanan hukum peringkat 1, layanan pengadilan/PTSP terfavorit untuk Pengadilan Kelas 1 A, pos bantuan hukum peringkat 1, penghargaan inovasi Pengadilan Tilik Desa, dan peringkat dua pada lomba Prodeo.

"Kami mendapat lima penghargaan yakni empat penghargaan peringkat pertama dan satu penghargaan peringkat kedua. Itu merupakan motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," tuturnya.

Ia mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya adalah dengan meluncurkan berbagai inovasi layanan berbasis digital.

"Yang bisa cepat dipercepat yang bisa mudah dipermudah, itu jadi semuanya menjadi layanan harapan masyarakat, sehingga masyarakat merasa telah mendapat layanan dengan baik dan benar," katanya.

Sementara Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum MA Bambang Myanto mengatakan di era Society 5.0 mengharuskan setiap instansi untuk dapat memberikan pelayanan yang cepat dan tepat, begitu pun dengan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya.

"Untuk memenuhi ekspektasi publik tersebut, maka kami mendorong seluruh satuan kerja dan aparatur peradilan di lingkungan Peradilan Umum untuk menjaga integritas dan meningkatkan kinerja serta kualitas pelayanan publik kepada masyarakat," tuturnya.

Ia berharap dengan diselenggarakan lomba di lingkungan peradilan umum dapat memacu seluruh pengadilan untuk selalu memberikan layanan yang prima kepada pencari keadilan.

Piala bergilir Abhinaya Upangga Wisesa tahun 2023 diraih oleh Pengadilan Tinggi Banjarmasin yang diserahkan langsung oleh Ketua MA Muhammad Syarifuddin.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023